Senin, | 25 Juni 2018 Jurnal Islam Menyongsong Fajar Kejayaan Islam

Politisi, Aktifis, hingga Artis Ramaikan Kampanye #WaronHoax

10 Maret 2018
Politisi, Aktifis, hingga Artis Ramaikan Kampanye #WaronHoax

JAKARTA (Jurnalislam.com)–┬áJurnalis Islam Bersatu (JITU) akan menggelar diskusi publik bertema “War on Hoax”, hari ini (10//3/2018). Sebelum digelarnya acara, tagar dengan pesan #WaronHoax dan #TetapKritisTanpaHoax memenuhi ruang-ruang media sosial.

Sejumlah tokoh nasional, aktivis, pemuka agama, hingga artis pun ikut meramaikan kampanye anti-hoaks tersebut.

“Hoaks tidak punya ideologi, penyebarannya tak berlandaskan agama. Kejahatan itu tak perlu dinisbatkan dengan identitas agama tertentu. Perang terhadap hoaks akan lancar apabila keadilan ditegakkan melalui mekanisme hukum yang benar,” ucap Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah kepada wartawan.

Anggota DPD Fahira Idris menyatakan pesan senada. Dia menyayangkan upaya masif dan terstruktur oleh pihak-pihak tertentu yang mengarahkan hoaks seakan melekat dengan pemeluk agama tertentu.

“Hoaks terbesar di dunia saat ini adalah mengidentikkan Islam, baik secara ajaran dan simbol-simbolnya dengan radikalisme, ekstremisme, dan terorisme. Sebagai korban hoaks terbesar, umat Islam harus menjadi yang terdepan dalam ‘Perang Melawan Hoaks’ ini,” kata Fahira, seraya mendukung kampanye tersebut.

Artis Fauzi Baadillah pun tak mau ketinggalan. Dia ikut menyuarakan pendapatnya soal penyebaran berita yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

“Tidak ada hoaks atau berbohong dalam ajaran Islam. Karena (dalam Islam) saat kita bercanda saja harus jujur,” ucapnya.

Selain nama-nama di atas, sejumlah aktivis dan jurnalis juga turut serta bersuara dalam #WaronHoax dan #TetapKritisTanpaHoax.

Acara akan digelar siang ini, pukul 13.00, di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq, di jalan Otista Raya No. 64, Jakarta.

Hadir sebagai narasumber, Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon, Guru Besar Komunikasi UI Prof. Ibnu Hamad, Ketua Majlis Fatwa dan Pusat Kajian DDII Dr Ahmad Zain An-Najah, dan anggota Dewan Syuro JITU Mahladi Murni.

reporter : Syah/INA

top

DeVio Jurnal-Islam 2017
Theme developed with DeVioPlaygroundPro

Copyright 2017 jurnalislam.com. All right reserved.