Pesawat Penumpang Iran Nabrak Gunung, Seluruh Penumpang Tewas

Pesawat Penumpang Iran Nabrak Gunung, Seluruh Penumpang Tewas

TEHERAN (Jurnalislam.com) – Sebuah pesawat penumpang Iran jatuh di Iran tengah dalam penerbangan dari Teheran ke kota Yasuj, menurut laporan media Iran.

Seorang juru bicara Aseman Airlines mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa kecelakaan udara hari Ahad (18/2/2018) menewaskan seluruh 66 orang di dalamnya.

Pesawat tersebut turun di daerah pegunungan dekat kota Semirom, kantor berita ISNA mengutip Mojtaba Khaledi, juru bicara layanan darurat, mengatakan, lansir Aljazeera.

The Iranian Red Crescent mengatakan telah menyebar ke daerah tersebut, yang cukup berkabut pada saat kecelakaan itu terjadi.

Pesawat Rusia Jatuh di Moskow, 71 Penumpang Tewas

PressTV yang dikelola negara mengatakan bahwa penerbangan Aseman Airlines Iran membawa 60 penumpang dan enam awak kapal.

Aseman Airlines adalah maskapai penerbangan semi-swasta yang berkantor pusat di Teheran yang mengkhususkan diri dalam penerbangan ke lapangan terbang terpencil di seluruh negeri dan juga terbang secara internasional.

ATR-72, turboprop mesin kembar, digunakan untuk pesawat terbang jarak pendek. Pihak berwenang mengatakan mereka akan menyelidiki kecelakaan itu.

Di bawah sanksi internasional selama beberapa dasawarsa, armada pesawat penumpang komersial Iran telah menua, dan kecelakaan udara terjadi secara rutin dalam beberapa tahun terakhir.

Setelah kesepakatan nuklir 2015 dengan kekuatan dunia, Iran menandatangani kesepakatan dengan Airbus dan Boeing untuk membeli sejumlah pesawat penumpang.

Berbicara kepada Al Jazeera dari London, David Learmount, spesialis keselamatan penerbangan dan mantan pilot, mengatakan: “Cuaca pegunungan dimana pesawat jatuh sangat buruk.

Pesawat Komersil Pembawa Tim Sepak Bola Brasil Jatuh, 76 Tewas

“Sepertinya, ketika pesawat tersebut melakukan pendaratan awal menuju tempat tujuan, posisi mereka ternyata salah dan menghantam pegunungan.

“Pada dasarnya, ini adalah kegagalan navigasi. Pesawat yang menabrak gunung di awan sama seperti kapal yang menabrak batu.”

Menurut Learmount, jet yang jatuh itu adalah “model pesawat terbang yang sangat teruji”, dan maskapai penerbangan tersebut tidak asing dengan kecelakaan di medan sulit di Iran.

Iran Aseman Airlines telah terbang melintasi medan yang sulit di negara ini. Mereka lebih banyak lagi menghadapi risiko mengingat seperti apa karakteristik negara Iran.”

Bagikan
Close X