Pertumbuhan Ekonomi Minus 6 Persen, Prancis Resmi Alami Resesi

Pertumbuhan Ekonomi Minus 6 Persen, Prancis Resmi Alami Resesi

PRANCIS(Jurnalislam.com)- Bank Sentral Prancis (Bank of France) melaporkan pertumbuhan ekonomi Prancis pada kuartal I-2020 sebesar -6%. Ini merupakan kinerja terburuk sejak 1945. Semua tak lepas dari pandemi Covid-19 yang telah memporak-porandakan perekonomian.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, Rabu (8/4/2020), data sebelumnya menunjukkan ekonomi Prancis -0,1% pada kuartal IV-2019. Dengan pertumbuhan negatif dua kuartal beruntun, maka secara teknis Prancis sudah memasuki resesi.

Bank Sentral Prancis melaporkan aktivitas ekonomi anjlok 32 persen dalam dua minggu terakhir pada bulan Maret, seiring dengan naiknya angka kasus konfirmasi positif Covid-19 di negara tersebut.

 

“Anda harus kembali menengok ke kuartal kedua 1968 (era pergolakan politik Mei 1968), untuk menemukan penurunan aktivitas yang serupa,” tulis keterangan Bank Sentral Prancis.

Dalam dua minggu terakhir, Bank Sentral Prancis harus menerima kenyataan ekonomi Prancis tumbuh -1,5% seiring dengan banyaknya angka terjangkit dan kematian dari virus dengan nama resmi SARS-CoV-2 itu.

sumber: cnbcindonesia.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X