Persatuan Ilmuwan Muslim Dunia Serukan Kaum Muslim Bela Al Aqsha Hari Ini

Persatuan Ilmuwan Muslim Dunia Serukan Kaum Muslim Bela Al Aqsha Hari Ini

DOHA (Jurnalislam.com) – Persatuan Ulama Muslim Internasional yang bermarkas di Doha (the International Union of Muslim Scholars-IUMS) pada hari Kamis (20/7/2017) mengumumkan agar seluruh Muslimin menunjukkan solidaritas dengan kaum muslim yang terkena dampak tindakan penjajahan Israel yang membatasi akses umat Islam ke Masjid Al-Aqsha, lansir Anadolu Agency.

Pihak otoriter zionis menutup kompleks Al-Aqsha dan melarang shalat Jumat untuk pertama kalinya dalam hampir lima dasawarsa, menyusul baku tembak pekan lalu yang menyebabkan tiga warga Palestina dan dua polisi Israel tewas di dekat lokasi suci di Yerusalem Timur.

“Kami meminta seluruh umat Islam untuk menjadikan hari Jumat ini (21/7/2017) sebuah hari kemarahan melawan tindakan Zionis di Yerusalem dan orang-orang yang tinggal di sana,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh IUMS.

IUMS juga menyerukan diadakannya “unjuk rasa damai” di berbagai lokasi di seluruh dunia untuk menunjukkan “penolakan terhadap prosedur Israel”.

“Kami mengutuk pihak berwenang pendudukan Zionis yang melakukan tindakan kriminal di sana dengan menutup Masjid Al-Aqsha sehingga mencegah umat untuk sholat di dalamnya,” demikian pernyataan IUMS.

Pada hari Rabu, tentara Israel melukai sembilan warga Palestina dan menangkap empat lainnya selama demonstrasi menentang penutupan tersebut.

Protes dimulai pada hari Ahad setelah pimpinan masjid meminta jamaah untuk memboikot detektor logam baru yang terpasang di pintu masuk masjid.

Israel mempertahankan pemasangan detektor logam tersebut dipintu Masjid, dengan dalih bahwa mereka tidak berbeda dengan tindakan pengamanan di tempat-tempat lainnya di seluruh dunia.

Militer zionis yahudi menduduki Yerusalem Timur selama Perang Timur Tengah 1967. Mereka kemudian mencaplok kota tersebut pada tahun 1980, mengklaim seluruh Yerusalem sebagai ibukota “abadi” negara Yahudi – sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh dunia internasional.

Yerusalem adalah rumah bagi Masjid Al-Aqsha, yang bagi umat Islam merupakan tempat tersuci ketiga di dunia.

Bagikan
Close X