Perkuat Ukhuwah, Ulama Soloraya Gelar Silaturahmi Akbar Sambut Tahun Baru Hijriyah

Perkuat Ukhuwah, Ulama Soloraya Gelar Silaturahmi Akbar Sambut Tahun Baru Hijriyah

SOLO (Jurnalislam.com) – Menyambut tahun baru Hijriyah 1440 H, ulama, ormas Islam dan pondok pesantren Se-Soloraya menggelar silaturahmi akbar bertajuk “Dengan Semanggat Hijriyah Kita Bangun Ukhuwah Islamiyah di Masjid Agung Kauman, Solo, Senin (10/9/2018).

Dalam sambutannya, pimpinan Pondok Pesantren Takmirul Islam, KH Muhammad Halim mengajak segenap elemen umat Islam untuk berlapang dada dalam menyikapi perbedaan khilafiyah dan pandangan politik.

Menurut dia, kondisi antar umat Islam di Soloraya saat ini sedang kurang harmoni. Perbedaan dalam dua khilafiyah dan pandangan politik kerap menjadi penyebabnya.

“Berangkat dari keadaan yang kurang harmonis diantara ormas Islam khususnya soloraya, dalam masalah khilafiyah serta perbedaan aspirasi politik yang sering menjadi bibit perpecahan, maka di sini kami berkumpul dan sepakat mari bersama dalam kesepakatan dan lapang dada dalam perbedaan,” tuturnya.

Di hadapan lebih dari dua puluh ribu jama’ah yang hadir, Kiai Halim juga menekankan umat Isam untuk mengedepankan tabayun.

“Jangan sampai ummat Islam ini saling mengecek satu sama lain baik tulisan maupun lisan kedepankan tabayyun jika ada berita yang menjadikan kita renggang sehingga akan terwujud sikap ta’wun saling tolong menolong,” katanya.

Mewakili Pondok Pesantren Takmirul Islam, selaku panitia, KH Muhammad Halim Harapan berharap dengan silaturahim akbar ini ada program ta’aruf (pengenalan) para tokoh, organisasi dan jama’ahnya.

“Semoga ukhuwah ini sebagai sarana persatuan ummat Islam Soloraya khususnya dan Indonesia pada umumya. Dan usaha ini mudah-mudahan diridhoi Allah SWT dalam rangka izzul Islam wal muslimin,” tutupnya.

Pembacaan Resolusi Silaturahmi Akbar Ulama se-Soloraya

Acaranya diawali dengan Tasmi’, kemudian masing-masing tokoh memberikan tausiah tentang keutamaan menjalin ukhuwah serta diakhiri dengan pembacaan resolusi Silaturahmi Akbar umat Islam Soloraya. Adapun salah satu isi resolusinya yaitu saling menjaga ukhuwah Islamiyah dan berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah diatas pemahaman ahlu sunnah wal jamaah.

Hadir dalam acara tersebut, diantaranya ketua MUI, Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Solo KH Subari, Ketua Syuriah NU KH Sofwan Fauzi, Ketua DSKS Dr.Muinidillah Basri, Ketua MTA Ustadz Ahmad Sukino, Ustadz Buya Soni dari Majlis Alhidayah, Habib Sholeh Aljufri, KH Wahyudin dari Ponpes Al-Mukmin, Ustadz Syihabuddin dari Ponpes Isykarima, KH Muhammad Halim dari ponpes Takmirul Islam, dll.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X