Perjuangan Asep Melawan Asap

Perjuangan Asep Melawan Asap

RIAU (Jurnalislam.com)–Pria paruh baya ini bernama Asep Solihin, relawan Sinergi Foundation di Riau. Asli Garut, namun telah 11 tahun merantau di provinsi tersebut.

Sudah beberapa waktu ini, sejak asap pekat menyelimuti Riau, ia dan warga lain tak bisa beraktivitas dengan tenang. Bisa jadi, bencana asap ini jadi terparah setelah 2015 lalu Riau terkena masalah yang sama.

“Sejak Senin (16/9/2019), kabut asap cenderung bertambah pekat, bahkan di siang hari. Libur sekolah pun terancam diperpanjang lantaran asap tak kunjung hilang. Kiri kanan, tetangga banyak yang menderita ISPA,” katanya.

Asep tak berdiam diri. Ia menjadi relawan Sinergi Foundation, dan membagikan 400 masker N95 untuk masyarakat. Karena tak punya motor, Asep menggunakan sepedanya berkeliling desa Lubuk Kerapat, Rokan Hulu, Riau.

Dari sekolah ke sekolah, ia membagikan masker dan selebaran tentang cara menggunakan masker ini yang ideal digunakan saat terpapar asap kebakaran. Asep mengaku bersemangat sekali meski hanya bermodal sepeda.

“Sebab saya ingin membantu sesama,” katanya. Asep pun sengaja membaginya ke para pelajar. Karena di usia yang masih belia, menurutnya daya tahan tubuh mereka lebih rentan terpapar ISPA atau gangguan penafasan.

“Kalau membaginya ke sekolah-sekolah, kita juga membantu proses belajar-mengajar di sana. Mereka belajar dengan tenang, tanpa harus terganggu asap,” katanya. Ia pun berharap, bencana asap ini segera terselesaikan dan tertanggulangi, agar masyarakat bisa kembali beraktivitas normal.

Untuk mengurangi dampak kabut asap yang memburuk, Sinergi Foundation sendiri telah menyalurkan 2.962 bantuan berupa masker N95 ke sejumlah wilayah di Riau. Di antaranya daerah Rokan Hulu seperti Rambah Hilir, dan daerah Siak di kecamatan Sungai Apit dan Sabak Auh. Selain bantuan masker, Sinergi Foundation menyebarkan selebaran dan menyosialisasikan pentingnya menggunakan masker N95 di luar rumah. []

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X