Penting Cegah Bencana Laut, Green Kurban Tanam Cemara di Tahun 2021

Penting Cegah Bencana Laut, Green Kurban Tanam Cemara di Tahun 2021

BANDUNG(Jurnalislam.com)–Sejak 2013, Green Kurban terus menanam ribuan pohon sebagai upaya melestarikan alam, mulai dari jabon hingga bambu. Dan kini di tahun 2021, pohon yang ditanam adalah cemara.

Menurut CEO Sinergi Foundation, menanam cemara sangatlah krusial bagi alam. Cemara sangat baik digunakan sebagai ‘windbarrier’ di kawasan pantai yang rentan terhadap bahaya angin kencang dan tsunami.

“Pohon cemara dinilai mampu menahan tiupan angin kencang, hempasan gelombang laut, dan terpaan pasir yang bergulung di sepanjang pantai. Masya Allah, hebatnya ciptaan Allah!,” katanya.

Tentunya, ia melanjutkan, penanaman cemara di sepanjang pantai dapat digunakan sebagai benteng untuk melindungi penduduk. Bahkan, bisa menjadi tempat berkembangnya satwa yang sangat peka dengan tanda-tanda akan terjadinya tsunami.

“Dengan segudang manfaaat di dalamnya, insya Allah cemara akan ditanam di wilayah pesisir Banyuwangi, seperti pantai Bomo dan Cungkingan.” kata Asep.

Green Kurban sendiri telah menanam 28.866 bibit pohon sejak awal pendiriannya. Mulanya yang ditanam adalah pohon buah produktif. Seiring waktu, pada 2018, bambu lah yang ditanam di DAS Citarum & Cimanuk, sebagai tanaman konservasi lingkungan dengan harapan bisa memperbaiki lahan kritis

“Kamu mengajak masyarakat luas mendukung Green Kurban. Dari setiap 1 hewan yang dikurbankan, akan ditanam 1 pohon sebagai ikhtiar hijaukan bumi,” tandas Asep.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X