Pengertian Akhlaq, Arti, Makna dan Definisinya

Pengertian Akhlak, Arti, Makna dan Definisinya. Apa pengertian akhlak itu? berikut artikel penjelasan tentang pengertian akhlak, definisi dan artinya. Istilah akhlak berasal dari bahasa arab “akhlaq” yang merupakan bentuk jamak dari kata “khulqu” yang berarti perangai, budi, tabiat serta adab. Secara istilah, pengertian akhlak juga berarti sifat yang ada dalam diri seseorang untuk berbuat baik maupun berbuat buruk, bagus maupun jelek. Sedangkan secara terminologi, kata akhlak dapat diartikan sebagai salah satu tingkah laku seseorang untuk mendapatkan dorongan atau keinginan yang timbul dari dalam diri seseorang tersebut secara sadar untuk melakukan suatu perbuatan tersebut.

Secara garis besar akhlak terdiri dari dua sifat, yaitu:
A. Akhlak terpuji atau sering disebut juga Al-Akhlaku Mahmudah yaitu akhlak yang diridai oleh Allah SWT, akhlak terpuji dapat berupa pendekatan diri hamba dengan sang pencipta dengan cara mentaati atau menjalankan perintah-Nya dan meninggalkan semua yang di larang-Nya, mengikuti semua ajaran yang diajarkan oleh Rosulullah, serta mendekatkan diri kepada perbuatan ma’ruf dan menjahui hal-hal yang mungkar. Menurut Imam Ghazali akhlah mulia mempunyai empat perkara yang diantaranya:

1. Berperilaku bijak.
2. Menghindari dari sesuatu yang buruk atau tercela.
3. Keberanian untuk melawan hawa nafsu.
4. Dapat bersifat adil.

B. Akhlak tercela atau buruk sering disebut juga dengan Al-Akhlakul Mazmummah yang merupakan sumber penyakit hati yang keji dan  menimbulkan iri hati, dengki, sombong, hasut, berprasangka buruk, dan penyakit hati lainya. Dimana akhlak tercela tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada diri manusia, orang lain hingga masyakat sekitarnya. Demikian sedikit artikel tentang pengertian akhlak, semoga bermanfaat.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X