Pendekatan Muhammadiyah soal Corona: Berbagi Masker hingga Anjuran Sedekah

Pendekatan Muhammadiyah soal Corona: Berbagi Masker hingga Anjuran Sedekah

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Ketua Muhammadiyah Covid-19 Command Center, dr Corona Rintawan, mengatakan, Muhammadiyah sudah melakukan penanganan secara massif sejak adanya virus corona di berbagai negara.

Ada dua peran yang kini digarap Muhamamadiyah.

“Pertama, Insya Allah hari ini kami me-launching program Safari (Sadar Faktor Resiko) Covid-19,” kata dr Corona dalam jumpa pers di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (10/3/2020).

Dia menjelaskan, Program Safari Covid-19 ini terinspirasi dari dua pasien yang sadar diri dan pro aktif untuk meneriksakan diri ke rumah sakit. Upaya ini penting sebagai cara untuk mencegah wabah corona.

“Nah, di sini kita mendorong masyarakat untuk pro aktif memeriksa, termasuk apakah juga dirinya berpotensi menularkan ke keluarganya atau lingkungannya,” katanya.

Masyarakat harus segera ke rumah sakit jika merasakan gejala seperti demam, flu dan sesak nafas. “Kemudian, jika iya (terjangkit), dia akan tahu apa yang harus dilakukan dan mencegah penularan tersebut. Salah satunya, kami mendorong isolasi mandiri,” ujarnya.

Kedua, Muhammadiyah menggalakkan program Gemes (Gerakan Memberi Masker) Covid-19. Menurut dr Corona, masker lebih diutamakan untuk orang sakit, bukan orang sehat.

“Sedangkan sekarang orang menjadi egois membeli masker untuk dirinya sendiri, sehingga kita akan mengubah menjadi kontra egois, dermawan dan merubah menjadi gerakan sedekah,” tuturnya.

Dengan demikian, masyarakat tidak lagi panic buying melalui pembelian masker sebanyak-banyaknya untuk dirinya sendiri. “Kita tahu, dalam kontes spiritual dengan banyaknya sedekah, maka Insya Allah akan mendorong adanya kesembuhan,” katanya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X