Pasukan Turki Mulai Lakukan Pengintaian di Provinsi Idlib

10 Oktober 2017
Pasukan Turki Mulai Lakukan Pengintaian di Provinsi Idlib

ANKARA (Jurnalislam.com) Pasukan Turki telah memulai kegiatan pengintaian di provinsi Idlib Suriah sebagai bagian dari kesepakatan internasional untuk menetapkan zona de-eskalasi, kata militer Senin (9/10/2017).

Operasi di wilayah barat laut, yang berbatasan dengan provinsi Hatay Turki tersebut, diluncurkan pada hari Ahad di bawah kesepakatan dengan Rusia dan Iran selama perundingan damai Astana, Anadolu Agency.

Pasukan Iran dan Rusia juga berpartisipasi dalam upaya mengurangi ketegangan di Suriah.

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk memastikan kelanjutan gencatan senjata yang disepakati Desember lalu antara ketiga negara penjamin.

Putaran ke Enam Perundingan Astana Setujui Batas Zona de Eskalasi Suriah

Menurut pernyataan di situs Tentara Nasional Turki, zona de-eskalasi diciptakan untuk “meningkatkan efektivitas gencatan senjata, mengakhiri konflik, membawa bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan, menetapkan kondisi untuk kembalinya para pengungsi”.

Misi pengintaian sedang dilakukan dalam aturan kerja sama yang disepakati antara negara penjamin.

Pembentukan zona de-eskalasi disetujui pada bulan Mei antara Turki, yang mendukung kelompok-kelompok oposisi penentang rezim Bashar al-Assad di Suriah, dan Rusia dan Iran, pendukung rezim Syiah Bashar Assad.

Intervensi militer terbaru Turki mengikuti Operasi Perisai Efrat, dimana Tentara Pembebasan Suriah, didukung oleh pasukan Turki, menyingkirkan IS dari wilay