Pasukan India Tembaki Helikopter PM Kashmir di Pakistan

Pasukan India Tembaki Helikopter PM Kashmir di Pakistan

ISLAMABAD (Jurnalislam.com) – Pemimpin wilayah Kashmir yang dikuasai Pakistan melaporkan pasukan India menembaki helikopternya ketika sedang terbang dekat dengan Garis Kontrol yang sangat termiliterisasi (LoC-Line of Control), perbatasan de fakto yang membagi wilayah tersebut.

Insiden itu terjadi di distrik Havaily di sektor Poonch di Kashmir yang dikelola India ketika Raja Farooq Haider Khan, perdana menteri wilayah Azad (Independen) Kashmir, sedang dalam perjalanan ke desa terdekat untuk memberikan belasungkawa kepada keluarga seorang politisi lokal yang telah meninggal.

“Helikopter saya bahkan tidak melakukan pelanggaran apa pun dan terbang dengan baik dalam LoC sisi kami ketika pasukan India melepaskan tembakan,” Raja Farooq Haider Khan, perdana menteri wilayah Azad (Independen) Kashmir, mengatakan dalam sebuah pernyataan dari ibukota Pakistan Islamabad pada hari Ahad (30/9/2018), lansir Aljazeera.

“Tentara India melepaskan tembakan untuk menunjukkan bahwa Pakistan telah melanggar wilayah udara mereka,” kata pernyataan Khan.

Baca juga: 

Juru bicara tentara India, Letnan Kolonel Devender Anand, mengatakan helikopter itu melanggar ruang udara India di sepanjang LoC di Poonch sekitar pukul 12 siang waktu setempat (06:30 GMT).

“Itu bisa jadi helikopter sipil dan terbang sangat tinggi. Penjaga udara di lokasi depan telah menguncinya dengan senjata kecil,” kata Anand.

Khan mengatakan helikopternya tidak bersenjata.

“Kami tidak ingin ada histeria perang di wilayah ini,” katanya.

India dan Pakistan sama-sama mengklaim wilayah Himalaya secara penuh. Daerah ini telah menyaksikan lonjakan penembakan dalam beberapa bulan terakhir.

Insiden ini kemungkinan akan memperburuk hubungan antara dua tetangga yang telah berperang tiga kali dua diantaranya memperebutkan Kashmir.

New Delhi telah lama menuduh Islamabad mendukung kelompok pejuang Kashmir, yang menginginkan kemerdekaan atau bergabung dengan Pakistan.

Baca juga: 

Pakistan membantah mendukung kelompok pejuang dan menyebut perlawanan di Kashmir sebagai perjuangan kemerdekaan pribumi.

Tidak lama setelah mengambil alih kekuasaan pada bulan Agustus, Perdana Menteri baru Imran Khan menawarkan sebuah perdamaian ke India dengan mengundang untuk pembicaraan, yang tetap ditangguhkan selama hampir tiga tahun.

India setuju, dan pertemuan para menteri luar negeri kedua negara itu direncanakan di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York.

Tetapi sepekan sebelum pertemuan yang dijadwalkan, India tiba-tiba membatalkan pembicaraan.

Ketika para menteri luar negeri kedua negara tidak bertemu, mereka akhirnya saling bertukar ejekan satu sama lain dalam pidato mereka di PBB pada hari Sabtu.

Bagikan

One thought on “Pasukan India Tembaki Helikopter PM Kashmir di Pakistan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X