Responsive image

7 Tewas dalam Baku Tembak antara Pejuang Kashmir dengan Pasukan India

7 Tewas dalam Baku Tembak antara Pejuang Kashmir dengan Pasukan India

KASHMIR (Jurnalislam.com) – Tujuh orang tewas dalam pertempuran senjata sehari penuh di Tral, selatan Jammu dan Kashmir, pada hari Selasa (24/0/2018), klaim tentara India, World Bulletin melaporkan.

“Operasi dimulai sangat awal. Salah satu tentara kami dan seorang polisi tewas. Hingga laporan terakhir, sejumlah militan tewas. Pertempuran senjata telah berakhir tetapi tentara kami masih melakukan pencarian luas di daerah itu,” kata juru bicara Pertahanan Kol. Rajesh Kalia.

Pertempuran senjata terjadi di daerah Laam, di hutan Tral, dimana badan-badan intelijen India menerima petunjuk tentang keberadaan mujahidin Kashmir.

1 Tentara India Tewas dan 2 Kritis dalam Bentrokan dengan Pejuang Kashmir

Kashmir, adalah wilayah Himalaya mayoritas Muslim, dikendalikan oleh India dan Pakistan dalam beberapa bagian namun diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil Kashmir juga dikuasai oleh China.

Kedua negara telah bertempur dalam tiga perang sejak mereka dipartisi pada 1947, dua di antaranya memperebutkan Kashmir.

Pasukan India dan Pakistan kadang kala juga terlibat pertempuran di gletser Siachen di Kashmir utara, sejak tahun 1984 hingga kini, walaupun gencatan senjata mulai berlaku pada tahun 2003.

Ribuan Warga Kashmir Turun ke Jalan Hadapi Tentara India

Pejuang Muslim Kashmir di Jammu dan Kashmir telah berperang melawan penjajahan India untuk memperjuangkan kemerdekaan, atau untuk bersatu dengan negara tetangga Pakistan.

Menurut beberapa organisasi hak asasi manusia, ribuan orang dilaporkan tewas dalam konflik di wilayah itu sejak tahun 1989.

Bagikan
Close X