Pasukan AS Mulai Patroli dengan Milisi SDF di Timur Laut Suriah

Pasukan AS Mulai Patroli dengan Milisi SDF di Timur Laut Suriah

WASHINGTON (Jurnalislam.com) – Pasukan AS telah memulai patroli di Suriah timur laut, seorang pejabat militer mengkonfirmasi pada hari Senin (5/11/2018).

Patroli itu dimulai setelah militer Turki menembaki beberapa posisi YPG di wilayah itu pekan lalu. YPG adalah cabang kelompok teror PKK Suriah sedangkan SDF bagian dari YPG.

Pada konferensi pers, juru bicara Pentagon Kolonel Rob Manning mengatakan “patroli penjamin (assurance patrols)” dengan pasukan SDF dimulai Jumat.

“Meskipun tidak ada jadwal yang ditetapkan untuk patroli atau keteraturan khusus ini, patroli ini akan memungkinkan kami, Turki dan mitra SDF kami untuk menjaga keselamatan dan keamanan kawasan,” kata Manning.

Baca juga: 

Mengenai patroli gabungan yang dimulai dengan militer Turki di Manbij, Manning mengatakan: “Patroli dan upaya kami yang terus-menerus untuk mengurangi ketegangan akan memungkinkan kami untuk fokus pada tujuan kami yaitu memastikan bersih dari sisa-sisa milisi IS”.

PKK terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa.

Dalam lebih dari 30 tahun serangan teror melawan Turki, PKK telah bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X