Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat atas Kemenangan Erdogan

25 Juni 2018
Para Pemimpin Dunia Ucapkan Selamat atas Kemenangan Erdogan

ANKARA (Jurnalislam.com) – Saat suara masih terus dihitung dalam pemilihan presiden dan parlemen Turki hari Ahad (24/6/2018), para pemimpin dunia mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdogan atas kemenangan pemilihannya.

Ucapan selamat pertama dari negara Uni Eropa datang dari Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban, menurut sumber-sumber presiden, Anadolu Agency melaporkan.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev juga mengucapkan selamat kepada Erdogan atas “keberhasilan besar” -nya dalam pemilihan presiden, menurut pernyataan presiden Azerbaijan.

Dalam percakapan telepon, Aliyev mengatakan Turki telah tumbuh di bawah kepemimpinan Erdogan, menambahkan bahwa ekonomi Turki mencetak sukses besar dan Ankara berhasil mengokohkan posisinya secara internasional.

Erdogan: Turki Tidak akan Menyerah dalam Memperjuangkan Yerusalem

Erdogan berterima kasih kepada Aliyev.

Selama percakapan, para pemimpin juga menyatakan keyakinan mereka terhadap kemajuan hubungan persaudaraan antara Turki dan Azerbaijan di semua bidang.

Pernyataan itu juga mengatakan Aliyev mengundang Erdogan untuk melakukan kunjungan resmi ke Azerbaijan, dan Erdogan menerima undangan tersebut.

Republik Turki Siprus Utara (TRNC) Presiden Mustafa Akinci dan Perdana Menteri Bulgaria Boyko Borissov juga menjadi salah satu pemimpin yang mengucapkan selamat atas kesuksesan presiden Turki itu.