Obama Mengurungkan Penempatan Pasukan Tempurnya di Irak

IRAK (jurnalislam.com) – Barack Obama mengatakan bahwa pasukan AS tidak akan kembali ke dalam pertempuran di Irak tetapi ia menambahkan kami siap bila ada pilihan aksi militer di masa depan.

Presiden AS mengatakan pada hari Kamis (19-06-2014) bahwa perang tidak akan dapat menyelesaikan masalah di Irak. Pemerintah  Irak harus menghadapi perlawanan oleh kelompok – kelompok mujahidin dengan sendirinya.

"Kami tidak memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah di Irak hanya dengan mengirimkan puluhan ribu tentara serta menghabiskan darah dan harta kami," kata Obama.

"Pada akhirnya, ini adalah sesuatu yang harus dipecahkan sendiri oleh rakyat Irak."

Namun Obama mengatakan negara itu siap mengirim hingga 300 penasihat militer ke Irak "untuk menilai apa yang dapat kita lakukan dalam melatih dan memberi saran terbaik untuk mendukung pasukan keamanan Irak."

Dia menambahkan bahwa AS siap "untuk menciptakan pusat-pusat operasi gabungan di Baghdad dan Irak utara serta berbagi intelijen dan mengkoordinasikan perencanaan untuk menghadapi ancaman mujahidin."

"Kami akan membantu pemerintah Syiah Irak untuk melawan mujahidin yang mengancam rakyat Syiah Irak, wilayah Iraq dan juga kepentingan Amerika,"  katanya.
 
"Kami siap untuk mengambil tindakan militer ketika kita menentukan bahwa situasi di lapangan membutuhkan itu." [ded412/Aljazeera]

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X