Obama Dituntut Untuk Laksanakan Sidang Darurat Dewan NATO

AMERIKA (jurnalslam.com) – Anggota Kongres Amerika Serikat Buck McKeon, Ketua DPR Komite Angkatan Bersenjata, bersama dengan tujuh Ketua subkomite di Komite Angkatan Bersenjata, menandatangani surat kepada Presiden Obama menuntut tekanan langsung dari kemampuan tempur pasukan AS di Eropa terkait agresi Rusia di Ukraina :

– Kepada Bapak Presiden

Kami menulis hari ini dengan kepentingan yang mendesak dan kekhawatiran akan adanya bahaya, berdasarkan informasi baru yang diperoleh komite. Kami sangat prihatin dengan sikap agresif pasukan Rusia di sepanjang perbatasan timur Ukraina, disertai adanya laporan bahwa Moskow mungkin membuat gerakan yang mengancam terhadap sekutu di Baltik.

Kami mendesak pemerintah Anda untuk bekerja sama dengan sekutu-sekutu NATO kami, serta berbagi informasi intelijen dengan pemerintah Ukraina sehingga dapat mengambil langkah-langkah bijaksana dan tepat waktu agar benar-benar dapat melindungi “integritas kedaulatan dan teritorial” dimana Anda telah berkomitmen untuk mempertahankan.

Kami percaya bahwa sangat penting bagi Amerika Serikat untuk mengambil langkah-langkah pencegahan dengan meningkatkan posisi dan kesiapan pasukan militer AS di wilayah tersebut serta mengejar langkah-langkah tambahan demi meningkatkan keamanan sekutu dan mitra di Eropa timur dan tengah.

Sementara rincian yang menginformasikan keprihatinan kami tetap dirahasiakan (classified) dan akan dijabarkan dalam sebuah surat rahasia (classified) yang disertakan dan dikirim melalui jalur yang tepat, kami menekankan pada beberapa laporan yang bukan rahasia (unclassified) dan komentar para pejabat senior dalam pemerintahan Anda, menyoroti adanya puluhan ribu tentara Rusia yang berkumpul di dekat bagian timur perbatasan Ukraina dan melakukan “latihan militer” juga kehadiran pasukan khusus Rusia Spetsnaz di Ukraina timur yang mengobarkan kerusuhan dan kekacauan sipil, dan jejak kaki  luas angkatan laut Rusia dan pasukan pesisir Baltik.

Ada kekhawatiran mendalam bahwa Moskow mungkin menyerang timur dan selatan Ukraina, menekan barat hingga ke Transdniestria, dan juga mencoba merampas tanah di Baltik.

Komandan Komando Eropa AS (EUCOM – US European Command) dan Sekretaris Jenderal NATO meningkatkan kewaspadaan mereka. Awal pekan ini di Brussels, Komandan EUCOM Jenderal Philip Breedlove menyatakan, “Kekuatan [ Rusia ] yang berada di perbatasan Ukraina dan sekarang menuju ke timur sangat, sangat cukup besar dan sangat, sangat siap.”

Dia juga menyatakan, “Benar-benar ada kekuatan [ Rusia ] yang cukup yang diposisikan di perbatasan timur Ukraina untuk lari ke Transdniestria jika ada perintah untuk itu dan hal tersebut sangat mengkhawatirkan.”

Sekretaris Jenderal NATO Rasmussen juga menekankan, “Kami sangat prihatin dengan militer Rusia yang bertambah di sepanjang perbatasan Ukraina.”

Tuan Presiden, Anda telah menyatakan bahwa Anda “berada dalam komunikasi yang erat dengan pemerintah Ukraina.” Kami harapkan komunikasi ini segera mencakup intelijen tentang pergerakan dan skenario kemungkinan serangan pasukan Rusia ke Ukraina, dan memberikan informasi tersebut dalam waktu yang cukup sehingga memungkinkan pemerintah Ukraina untuk mengambil langkah-langkah bijaksana dalam hal pertahanan untuk melindungi rakyat, kedaulatan, dan integritas teritorialnya.

Kami juga percaya bahwa sangat penting bagi Anda mengarahkan Menteri Pertahanan untuk meningkatkan dan meningkatkan posisi waspada dan kesiapan pasukan AS di Eropa tanpa penundaan, termasuk mempertahankan pasukan reaksi cepat AS. Kegagalan untuk mengambil tindakan pencegahan menghadapi agresi lanjutan Rusia tentu akan beresiko terhadap hasil yang sangat diplomatis dan damai yang kita semua inginkan.

Kelambanan AS dan NATO hanya akan semakin membuat perencana militer Rusia semakin berani, sehingga eskalasi lebih lanjut menjadi lebih mungkin terjadi.

Seperti yang telah kita pelajari dalam krisis sebelumnya di tempat lain, jika pasukan AS tidak diposisikan di muka untuk menanggapi ancaman yang akan datang, pilihan bagi para pembuat keputusan senior menjadi sangat terbatas.

Untuk itu, kita lebih mengajak Anda untuk mengadakan sidang darurat Dewan Atlantik Utara, yang akan dipimpin oleh Sekretaris Hagel dan Ketua Dempsey, dan juga meminta sekutu NATO kami meningkatkan kesiapan kekuatan mereka jika respon Pasal V diperlukan.

Bapak Presiden, kita masih memiliki kesempatan untuk menghalangi agresi Rusia, tetapi Presiden Putin harus melihat komitmen kami bagi Ukraina dan bagi sekutu dan mitra Eropa kami. Dia harus melihat sendiri tekad kita, termasuk tekad militer kita, dan memahami dengan jelas konsekuensi yang dihadapi. (ded412/kavkaz center)

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.