Napak Tilas Jendral Sudirman, 95 Santri Ini Gelar Longmarch Yogya-Karanganyar

Napak Tilas Jendral Sudirman, 95 Santri Ini Gelar Longmarch Yogya-Karanganyar

KARANGANYAR (Jurnalislam.com)– Banyak hal yang dapat dilakukan masyarakat dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-74, seperti yang dilakukan 95 santri ini.

Para penghafal al Quran Ponpes Tahfidz Baitul Mukmin Qurani (BMQ), Ngadiluwih, Matesih, Karanganyar itu melakukan aksi longmarch Jogja-Karanganyar pada Jumat hingga Ahad (16-18/8/2019).

Aksi berjalan kaki yang dimulai dari titik nol Yogyakarta pada jumat (16/8/2019) malam itu disebut pimpinan Ponpes BMQ Ustaz Syamsuddin Asrori, sebagai bentuk napak tilas para pejuang kemerdekaan ketika mengusir penjajah yaitu Belanda dan Jepang.

“Para alim ulama, para kyai, para habaib mereka amat bersungguh-sungguh dalam menggapai kemerdekaan di negeri kita,” katanya kepada jurnalislam.com di sela sela aksi longmarch.

“Diantaranya adalah dengan cara jalan jauh yang tentunya diawali oleh jendal besar Sudirman dan kami jelas tidak bisa sesuai apa yang beliau lakukan tapi kami mengambil pembelajaran,” imbuhnya.

Aksi tahunan ini disebutnya untuk mengajak generasi muda Indonesia untuk tetap sehat dan kuat agar dapat membela agama Islam dan bangsa Indonesia.

“Daripada anak-anak ini dengan 95 peserta yang hari ini sudah berjalan puluhan kilometer hanya duduk duduk manis santai, disaat para pemuda hari ini bermanja manja dengan HP, disaat anak anak mereka bangga dengan dunia yang hari ini mereka punya,” ungkapnya.

“Maka kami membawa anak anak ini menjadi pemuda hari ini negara yang akan datang, pemuda hari ini bangsa indonesia yang akan datang,” tandasnya.

Dalam aksi longmach tersebut, para santri juga diajarkan untuk amalan amalan harian seperti shalat dhuha, tahajud, tilawah dan murajaah di sepanjang perjalanan.

Masyarakat pun memberikan dukungan positif terhadap aksi tersebut, hal itu nampak dari atensi masyarakat yang memberikan banyak makanan, buah-buahan dan minuman sepanjang perjalanan yang dilewati ke 95 santri BMQ Ngadiluwih tersebut.

Bagikan

One thought on “Napak Tilas Jendral Sudirman, 95 Santri Ini Gelar Longmarch Yogya-Karanganyar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X