Responsive image

Musyawarah Tanwir I Hizbul Wathan Usung Tema Pembentukan Karakter Bela Negara

Musyawarah Tanwir I Hizbul Wathan Usung Tema Pembentukan Karakter Bela Negara

SLEMAN (Jurnalislam.com) – Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan menggelar Musyawarah Tanwir I di Gedung LPMP DIY, Kalasan, Sleman, Kamis (28/6/2018) dengan tema Pembentukan Karakter Bela Negara. Dalam musyawarah yang berlangsung dua hari itu, Mayor Pnb Adhe Irwansyah didaulat sebagai narasumber.

Mayor Pnb Adhe Irwansyah menjelaskan tentang pengertian, maksud dan tujuan, unsur dasar dan upaya bela negara. Selain itu, berbagai kisah heroic para pahlawan yang membela negara demi merebut kemerdekaan juga dikisahkan.

Salah satunya adalah Marsekal Muda (Anumerta) A. Adisutjipto, yang dengan alat yang memadai berani menerbangkan pesawat. Pada akhirnya beliau saat ingin mendarat di Lanud Maguwo ditembak oleh dua pesawat Belanda. Akhirnya beliau gugur dan nama Lanud Maguwodi diubah menjadi namanya untuk mengabadikan perjuangannya.

“Begitulah karakter bela negara para pahlawan yang akan dididikkan kepada seluruh elemen Hizbul Wathan,” kata Mayor Adhe.

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan adalah wadah pengembangan karakter. Sesuai namanya, Hizbul Wathan harus senantiasa membela tanah air dari segala macam gangguan. Hizbul Wathan telah melahirkan banyak tokoh-tokoh besar diantaranya adalah Jenderal Besar Soedirman dan Letnan Jenderal M Syarbini.

Bahkan menurut Muchdi Purwaprandjono, Ketua Umum Kwartir Pusat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jenderal Soedirman adalah Jenderal termuda di dunia yang dipilih secara demokratis oleh para jenderal di seluruh Indonesia, yakni berumur dua puluh Sembilan tahun ketika diangkat.

Kiriman: Arsyad Arifi

Bagikan
Close X