Muswil FOZ Jabar Usung Tema “Kolaborasi Gerakan Zakat untuk Jawa Barat“

Muswil FOZ Jabar Usung Tema “Kolaborasi Gerakan Zakat untuk Jawa Barat“

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Forum Zakat (FOZ) Jabar berencana menyelenggarakan Musyawarah Wilayah pada Kamis (03/05/2018). Tahun ini, tema yang diusung adalah “Kolaborasi Gerakan Zakat untuk Jawa Barat”, yang bertujuan untuk menyinergikan setiap langkah para amil dalam mengemban amanah zakat.

Ketua Pelaksana Muswil FOZ Jabar, HB Sungkaryo menilai sinergi ini dianggap perlu, mengingat salah satu cita-cita FOZ adalah untuk mengentas kemiskinan. Dan hal ini tak bisa dilakukan sendirian.

Ia pun mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar pada Maret 2017, yang menyebut bahwa jumlah penduduk miskin di Jawa Barat mengalami peningkatan dari 4.168,11 ribu jiwa menjadi 4.168,44 ribu jiwa.

“Ini menjadi pekerjaan rumah bagi lembaga zakat dalam memberdayakan umat melalui zakat, infak, sedekah dan wakaf yang dihimpun dari donatur,” katanya. Maka, lanjut HB Sungkaryo, guna mengurangi angka tersebut, FOZ akan bersinergi memberdayakan umat.

HB Sungkaryo pun mengatakan, masing-masing lembaga memiliki program pemberdayaan yang berbeda. Sehingga, kolaborasi ini berperan strategis agar lebih terasa lagi kebermanfaatannya secara menyeluruh.

Ia pun memungkas, “Dengan melakukan Kolaborasi Gerakan Zakat ini, saya harap kita dapat membantu mengurangi kemiskinan yang ada di Jawa Barat,”

Acara Musywil Jabar akan menampilkan sharing session yang diisi oleh Direktur Program YBM BRI, Direktur Program Dompet Dhuafa, CEO Sinergi Foundation, CPO Rumah Zakat, Ketua FOZNAS dan Ketua FOZWIL Jawa Barat serta pembicara kunci, Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan, Lc.

FOZ Jabar sendiri adalah wadah tempat berkumpulnya Lembaga Amil Zakat (LAZ) yang berada di wilayah jawa barat. Dari banyaknya lembaga zakat, sebanyak 30 Lembaga Zakat yang tercatat di Forum Zakat (FOZ) Jawa Barat. [

Bagikan
Close X