Musibah Datang Beruntun, MUI Usulkan Muhasabah Nasional

Musibah Datang Beruntun, MUI Usulkan Muhasabah Nasional

JAKARTA(Jurnalislam.com) — Seruan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan agar dilakukan muhasabah nasional menyusul banyaknya musibah di Tanah Air mendapat sambutan baik. Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendukung seruan tersebut.

Muhasabah berasal dari akar kata hasaba-yuhasibu-muhasabah yang berarti menghitung. Secara istilah, muhasabah adalah evaluasi diri dengan menghitung amal-amal yang telah kita lakukan. Muhasabah adalah salah satu cara untuk mencapai kualitas hidup yang lebih baik dari hari ke hari.

Muhasabah nasional yang dimaksud oleh Sekjen MUI di atas adalah upaya introspeksi diri seluruh warga dan pemerintah Indonesia, berzikir memohon ampunan dan berdoa agar Allah membuka pintu rahmat-Nya kepada negeri ini.

Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad, mengatakan, dalam menyikapi musibah yang datang bertubi-tubi hendaknya masyarakat tetap bersabar, terus berdoa, dan saling menolong untuk meringankan beban.

“Semuanya sebagai peringatan kepada manusia untuk segera kembali ke jalan Allah, melaksanakan semua perintah dan menjauhi segala yang dilarang-Nya. Maka, setuju dengan MUI bahwa semua umat Islam dan umat lainnya sebaiknya melakukan muhasabah, baik sendiri maupun berjamaah,” ujar Dadang kepada , Rabu (20/1).

Seperti diketahui, saat ini beberapa wilayah di Indonesia dilanda bencana alam, mulai dari banjir, gempa bumi, hingga erupsi gunung berapi. Selain menelan korban jiwa, bencana-bencana alam tersebut juga mengakibatkan banyak warga menderita luka-luka serta menimbulkan berbagai jenis kerugian fisik.

sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X