MUI: Indonesia Butuh Pemimpin Bermoral

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Anggota Komisi Hukum dan Perundang-undangan MUI, Dr. Abdul Chair Ramadhan mengatakan, Indonesia membutuhkan pemimpin yang bermoral.

“Pemimpin juga harus mempunyai moral, siapapun dan di manapun menjabat harus kedepankan moral,” katanya dalam Acara sosialisasi Empat Pilar MPR RI dengan topik ‘Pemimpin yang Kita Cita-citakan Sesuai Amanat UUD’45’ menuai polemik di Aula Buya Hamka, Masjid Agung Al Azhar, Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Karena permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia saat ini membutuhkan ketahanan nasional, ekonomi dan keluarga. Menurutnya, kepemimpinan nasional harus ada agenda transaksional di daerah maupun kepemerintahan.

Dia menjelaskan, pemimpin harus memahami konsepsi pertahanan nasional agar kepemimpinan yang sesuai undang-undang dapat terwujud. “Dia harus kreatif dan inovatif,” cetusnya.

Lalu, pemimpin juga harus mempunyai strategi politik hukum Pancagatra. Karena pemimpin harus mempunyai gagasan yang komplek agar dirasakan rakyatnya.

Pancagatra adalah aspek-aspek kehidupan nasional yang menyangkut kehidupan dan pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat dan bernegara dengan ikatan-ikatan, aturan-aturan dan norma-norma tertentu.

Reporter: Gio

Bagikan