MUI Ajak Masyarakat Jaga Hutan dan Peduli Lingkungan

MUI Ajak Masyarakat Jaga Hutan dan Peduli Lingkungan

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Lembaga Pemuliaan Lingkungan Hidup (LPLH) dan Sumber Daya Alam (SDA) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menilai kejadian bencana alam dari tahun ke tahun naik seiring perubahan iklim.

Maka umat manusia harus bersama-sama memperbaiki cara hidup agar lebih ramah terhadap alam.

Ketua LPLH dan SDA MUI, Hayu Susilo Prabowo, mengatakan ketika musim kemarau kondisinya sangat kering, sementara saat musim hujan terjadi banjir. Kondisi seperti ini jika terus berlanjut akan semakin berdampak buruk terhadap pertanian dan ketahanan pangan.

“Maka kita sama-sama harus memperbaiki cara hidup kita, sebab kerusakan di darat dan laut itu akibat perbuatan manusia, jadi perbuatan kita ini harus kita perbaiki,” kata Hayu kepada, Senin (6/1).

Hayu mengutip surah Ar-Rum ayat 41, “Dzaharal-fasadu fil-barri wal-bahri bima kasabat aidin-nasi liyuziqahum ba’ḍallazi ‘amilu la’allahum yarji’un.

Artinya, “Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari akibat perbuatan mereka, agar mereka kembali ke jalan yang benar.”

LPLH dan SDA MUI juga menyarankan pemerintah dan masyarakat bersama-sama menanam pohon untuk meningkatkan penyerapan air dan mengurangi polusi udara. Salah satu cara menangkal perubahan iklim dengan menjaga hutan.

Sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X