Minat Umat Islam Belajar Agama Lewat Medsos Sangat Tinggi

Minat Umat Islam Belajar Agama Lewat Medsos Sangat Tinggi

SENTUL (Jurnalislam.com) – Menteri Agama, Fachrul Razi dalam rapat pleno Koordinasi Indonesia Maju, pemerintah pusat dan pemerintah daerah menyatakan pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 130 juta orang dari populasi masyarakat Indonesia yang menggunakan medsos sebanyak 254,4 juta jiwa.

Itu dikatakan Menag dengan mengutip laporan berjudul ‘Essential Inside Into Internet, Social Media, Mobile, and E-Commerence Use Around the Wolrd’ yang diterbitkan 30 Januari 2018.

Fachrul menyebutkan, hampir dari setengah masyarakat Indonesia menggunakan medsos untuk melakukan interaksi dengan orang lain.

Medsos juga memicu penggunanya untuk mencari informasi tentang persoalan kehidupan termasuk masalah agama.

“Jadi ini menunjukan minat pemaham-pemaham agama mencari pengetahuan di medsos luar biasa tingginya,” kata Fachrul di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Menurutnya, dengan fasilitas internet saat ini, masyarakat cenderung menganggap otoritas agama seperti kyai, ustaz, guru agama yang tradisional hanya pilihan alternatif belaka dari kehidupan sehari-hari mereka.

“Berbeda dengan generasi sebelumnya yang sangat taat kepada fatwa kepala otoritasnya. Saat ini masyarakat lebih sering fokus pada kebutuhan individual, personal dan sangat kritis terhadap nilai-nilai tradisional,” ujarnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X