Meski Tidak Setujui Semua, Begini Kompromi Rusia dan Turki Mengenai Konflik Suriah

Meski Tidak Setujui Semua, Begini Kompromi Rusia dan Turki Mengenai Konflik Suriah

MOSKOW  (Jurnalislam.com) – Moskow dan Ankara telah mampu mencapai kompromi untuk menyelesaikan krisis Suriah meskipun ada beberapa masalah, kata presiden Rusia pada hari Kamis (20/12/2018).

Berbicara selama konferensi pers akhir tahun rutin, yang mengumpulkan lebih dari 2.000 wartawan di aula kongres Pusat Perdagangan Internasional Moskow, Vladimir Putin mengatakan: “Meskipun kami tidak menyetujui semua hal, kami dapat berkompromi [mengenai krisis Suriah].

“Kami melihat bahwa mitra Turki kami mencapai kompromi dengan kami untuk kebaikan situasi di Suriah, untuk kebaikan melawan terorisme dan untuk kepentingan memperkuat hubungan kami.”

Iran, Rusia, dan Turki pada hari Selasa menyerahkan daftar calon anggota komite untuk merevisi konstitusi Suriah kepada PBB.

Baca juga: 

Komite tersebut akan dibentuk pada akhir 2018 atau awal 2019 dan akan memberikan dorongan baru bagi proses perdamaian, katanya.

Namun, Putin mengecam Utusan PBB Staffan de Mistura yang bersikap “tunggu-dan-lihat” dalam membentuk komite konstitusi, dan mengatakannya, “sulit dimengerti.”

Suriah telah dikunci dalam perang global yang menghancurkan sejak Maret 2011, ketika rezim Syiah Nushairiyah Bashar al-Assad menindak aksi unjuk rasa  dengan keganasan militer yang tak terduga.

Para pejabat PBB mengatakan ratusan ribu orang tewas dalam konflik itu, namun para pejabat rezim Suriah mengatakan jumlah korban jiwa mendekati 10.000.

Bagikan

One thought on “Meski Tidak Setujui Semua, Begini Kompromi Rusia dan Turki Mengenai Konflik Suriah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.