Mentri Pertahanan Turki: Pasukan Kami Harus Tinggal di Provinsi Idlib

11 Oktober 2017
Mentri Pertahanan Turki: Pasukan Kami Harus Tinggal di Provinsi Idlib

BATUMI (Jurnalislam.com) – Pasukan Turki harus tinggal di provinsi Idlib di Suriah barat laut, sampai ancaman hilang, kata menteri pertahanan nasional Turki, Selasa (10/10/2017), lansir Anadolu Agency.

“Kami harus berada di sana sampai ancaman dari Suriah ke Turki benar-benar hilang,” kata Nurettin Canikli kepada sekelompok siswa di sekolah Turki di Batumi, sebuah kota Georgia di Laut Hitam.

Canikli berada di Batumi untuk ambil bagian dalam pertemuan Menteri Pertahanan Eropa Tenggara.

Pada hari Senin, militer Turki mengatakan bahwa pasukannya memulai kegiatan pengintaian di Idlib, yang berbatasan dengan provinsi Hatay selatan Turki, sebagai bagian dari kesepakatan internasional untuk menetapkan zona de-eskalasi.

Pasukan Turki Mulai Lakukan Pengintaian di Provinsi Idlib

Operasi di wilayah barat laut diluncurkan pada hari Ahad di bawah kesepakatan yang dicapai dengan Rusia dan Iran selama perundingan damai Suriah di ibukota Kazakhstan Astana.

Pembentukan zona de-eskalasi disetujui pada bulan Mei antara Turki, pendukung kelompok-kelompok yang menentang rezim Syiah Bashar al-Assad di Suriah, dan Rusia dan Iran, pendukung rezim Nushairiyah Assad.