Menlu Jerman Dikecam Karena Hina Mesut Ozil

Menlu Jerman Dikecam Karena Hina Mesut Ozil

BERLIN (Jurnalislam.com) – Mantan Kanselir Jerman Gerhard Schroder mengecam Menteri Luar Negeri Heiko Maas pada hari Rabu (25/7/2018) atas komentar kontroversialnya yang menghina pesepakbola Jerman-Turki Mesut Ozil.

“Ini murni dan tidak tertahankan,” Schroder, mantan pemimpin Partai Sosial Demokrat (SPD), mengatakan kepada harian Suddeutsche Zeitung, lansir Anadolu Agency.

Pemain bintang Jerman, yang memiliki keturunan Turki, berhenti dari tim nasional pada hari Ahad (22/7/2018), mengutip diskriminasi dan propaganda rasis yang ia hadapi dalam beberapa bulan terakhir.

Dalam sebuah pernyataan mengejutkan pada hari Senin, Maas, seorang politisi Demokrat Sosial, mengkritik keputusan Ozil.

Tagar #IStandWithOzil Mendunia

“Saya pikir seorang multijutawan yang hidup dan bekerja di Inggris tidak akan memberi kami informasi mengenai kapasitas integrasi di Jerman,” klaimnya.

Schroder mengatakan, komentar semacam itu tidak ada kaitannya dengan pandangan Sosial Demokratik.

Dia juga memperingatkan bahwa komentar Maas akan dimainkan di tangan ekstremis kanan-jauh.

Sejak Mei, Ozil dikritik oleh politisi dan media Jerman, karena bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di London menjelang pemilihan di Turki.

Dalam serangkaian tweet pada hari Ahad, Ozil membela pertemuannya, dan menekankan bahwa gambar dengan presiden Turki bukan tentang politik atau pemilihan.

“Ini tentang saya menghormati pejabat tertinggi negara keluarga saya,” katanya.

Keluar dari Tim Jerman Alasan Rasisme, Mesut Ozil: Apakah Karena Saya Muslim?

Ozil mengatakan politisi sayap kanan dan media menggunakan fotonya dengan Erdogan “sebagai kesempatan untuk mengekspresikan kecenderungan rasis tersembunyi mereka sebelumnya” menjelang Piala Dunia sepak bola Juni.

Meskipun menerima surat-surat penuh kebencian, panggilan telepon berisi ancaman, dan komentar rasis di media sosial, dia tidak mendapat dukungan dari DFB atau ketua DFB, Reinhard Grindel, tambahnya.

Bagikan
Close X