Menlu Arab Akui Khashoggi Tewas di Konsulat Namun Bantah Keterlibatan MBS

Menlu Arab Akui Khashoggi Tewas di Konsulat Namun Bantah Keterlibatan MBS

RIYADH (Jurnalislam.com) – Menteri luar negeri Arab Saudi pada hari Ahad (21/10/2018) akhirnya mengakui bahwa wartawan Jamal Khashoggi tewas di dalam Konsulat Saudi di Istanbul dan putra mahkota “tidak sadar” akan hal itu.

“Putra Mahkota [Muhammed bin Salman- MBS] menyangkal masalah ini, dia tidak menyadari hal ini. Ini adalah operasi yang merupakan operasi jahat,” kata Menteri Luar Negeri Adel al-Jubeir kepada Fox News.

Khashoggi terakhir terlihat pada 2 Oktober ketika dia memasuki Konsulat Saudi di Istanbul.

Setelah beberapa hari menyangkal mengetahui keberadaannya, Arab Saudi pada hari Sabtu mengklaim Khashoggi meninggal dalam pertempuran di dalam konsulat.

Al-Jubeir mengatakan tidak satupun dari mereka yang terlibat dalam pembunuhan Khashoggi memiliki hubungan dekat dengan putra mahkota.

“Ini adalah operasi di mana individu bertindak berlebihan atas tanggung jawab yang mereka miliki dan mereka membuat kesalahan ketika mereka membunuh Jamal Khashoggi di konsulat dan mereka berusaha menutupi itu,” katanya.

Baca juga: Besok Presiden Turki akan Buat Pernyataan atas Terbunuhnya Jamal Khashoggi

Ketika ditanya bagaimana seorang kolumnis 60 tahun bisa melawan 15 pasukan keamanan, al-Jubeir mengatakan: “Saya tidak percaya seluruh 15 anggota tersebut berada di konsulat ketika ini terjadi. Kami menyelidiki setiap anggota individu dari tim tersebut. Kami sedang mencoba mencari tahu bagaimana mereka dikumpulkan.”

Pada hari hilangnya Khashoggi, 15 warga Saudi lainnya, termasuk beberapa pejabat, tiba di Istanbul dengan dua pesawat dan mengunjungi konsulat saat dia masih di dalam gedung, menurut sumber-sumber polisi Turki. Semua individu yang diidentifikasi telah meninggalkan Turki.

Dia juga menjawab klaim seorang anggota parlemen AS yang mengatakan “keyakinnya” bahwa putra mahkota “terlibat dan juga mengarahkan” pembunuhan, dengan mengatakan bahwa itu tidak didasarkan pada fakta tetapi emosi.

Baca juga: Erdogan: Buktikan Kalau Wartawan Saudi Tewas di Luar Konsulat Arab

Menyatakan bahwa “itu adalah kesalahan yang luar biasa,” menteri luar negeri Saudi itu menyampaikan belasungkawa kepada keluarga Khashoggi.

Dia juga mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui detail pembunuhan, dan “di mana jasadnya.”

Tim gabungan Turki-Saudi menyelesaikan penyelidikan atas kasus ini pada hari Kamis lalu (18/10/2018) setelah menyisir kediaman konsul jenderal serta Konsulat Saudi di Istanbul.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X