Responsive image

Menkominfo Mengaku Tak Tahu Kapan Internet di Papua akan Normal

JAKARTA(Jurnalislam.com)– Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara belum mengetahui kapan layanan internet di Provinsi Papua dan Papua Barat dapat pulih 100 persen.

Ia menekankan keputusan pemulihan layanan internet tak hanya berada di tangan Kemenkominfo.

Rudiantara menyebut layanan internet di sebagiah wilayah Papua sudah mulai pulih pada Kamis, (5/9). Proses pemulihan ini sudah dinyatakan pemerintah sejak semalam.

“Sudah, sudah dibuka mulai hari ini di Papua itu lebih dari lima puluh persen, sudah lebih dari lima puluh kabupaten dan kota sudah diaktifkan kembali,” katanya pada wartawan di kantor Kemenkominfo, Kamis (5/9).

Kemudian untuk wilayah lain yang masih diblokir, Rudiantara belum tahu kapan internet disana bisa pulih. Sebab keputusan memulihkan internet di suatu wilayah merupakan kesepakatan gabungan sejumlah instansi, termasuk TNI-Polri.

“Ya belum tahu karena yang memutuskan bukan saya saja, ada koordinasi. Kita juga terus memantau dan berkoordinasi juga dengan teman-teman di lapangan. Yang memutuskan kondusivitasnya bukan saya,” tuturnya.

Ia menekankan pemulihan internet di Bumi Cendrawasih bergantung pada situasi keamanan disana. Bila masih ada gangguan keamanan, maka pembatasan internet akan diberlakukan.

Menurutnya, pembatasan internet dibutuhkan karena maraknya hoaks yang memprovokasi warga disana. Pembatasan internet, kata dia, bertujuan meredam provokasi tersebut.

“Ya dari sisi kondusivitasnya di lapangan ya kalau rusuh atau ada potensi rusuh harus dicegah, kemudian tangani, pulihkan, ada tiga itu. Pencegahan bagian dari menghindari kerusuhan,” ujarnya.

sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X