Mengenal Sosok Almarhum Jenderal Djoko Santoso, Panglima TNI di Era SBY

Mengenal Sosok Almarhum Jenderal Djoko Santoso, Panglima TNI di Era SBY

Jakarta (Jurnalislam.com)–Indonesia berduka, Sabtu pagi (9/5/2020) pukul 06.30 WIB mantan Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto setelah sempat dirawat beberapa hari pasca-operasi karena pendarahan di otak.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun¬†telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Djoko Santoso bin Djoko Suyono. Semoga amal ibadah beliau diterima oleh Allah SWT” kata anggota DPR Fraksi Gerindra, Habiburokhman, Minggu (10/5/2020).

Djoko Santoso adalah purnawirawan TNI Angkatan Darat. Ia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 2005-2007. Kariernya melonjak sebagai Panglima TNI setelah diangkat oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Beliau menjabat Panglima TNI sejak 28 Desember 2007 hingga 28 September 2010.

Tahun 2008 Djoko sempat menjadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia.

Pensiun dari militer, Djoko Santoso melanjutkan karier dengan bergabung di Partai Gerindra pada 2015. Dia masuk struktur Dewan Pembina. Pada Pilpres 2019, Djoko Santoso menjadi Ketua Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Saat sakit, Djoko Santoso sempat dijenguk oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hari minggu (3/5/2020) seperti diungkapkan juru bicara Menhan Dahnil Anzhar Simanjuntak. Prabowo pun sempat mendoakan kesembuhan untuk Djoko Santoso. Namun takdir berkata lain, sepekan kemudian Djoko Santoso pun harus berpulang.

“Hari ini saya ditinggal oleh teman, kakak kelas, senior, guru, pelatih, rekan, komandan dan Panglima saya, Jenderal TNI Purn Djoko Santoso. Semoga dosanya diampuni Tuhan yang Maha Kuasa, dan almarhum diperkenankan untuk beristirahat dengan penuh kedamaian disisi-Nya” tulis Prabowo di twitternya. (dbs)

 

 

 

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X