Masyarakat Diminta Waspada Peningkatan Kasus Covid Pasca Lebaran

Masyarakat Diminta Waspada Peningkatan Kasus Covid Pasca Lebaran

 JAKARTA(Jurnalislam.com)— Peningkatkan kewaspadaan tetap harus segera dilakukan. Hal ini karena masyarakat sudah masuk pada fase kelelahan menghadapi dampak Covid-19, sementara pandemi belum menunjukkan tanda berakhir.

“Para pemangku kepentingan harus segera mengantisipasi potensi peningkatan kasus positif covid-19pasca-Lebaran. Karena meski aturan pembatasan diberlakukan, masih terjadi mobilitas manusia antardaerah,” kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Antisipasi Gelombang Baru Covid-19 yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (19/5).

Lestari sangat berharap, para pemangku kepentingan di daerah dapat melaporkan kondisi sebaran kasus positif Covid-19 dengan data yang akurat di daerahnya.

Rerie, sapaan akrab Lestari meminta, pemangku kepentingan di daerah jangan hanya mengejar agar wilayahnya masuk zona hijau atau kuning demi bisa melakukan aktivitas ekonomi.

Lebih dari itu, tambah Rerie, para pemangku kepentingan diharapkan benar-benar melakukan tracing, testing dan treatments (3T) untuk mengetahui kondisi penyebaran Covid-19 di daerah secara akurat.

Karena itu, kata anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, upaya komunikasi dan sosialisasi terkait Covid-19 harus ditingkatkan agar para pemangku kepentingan dan masyarakat lebih memahami risiko yang dihadapi.

Pemahaman bahwa menjaga diri, keluarga dan lingkungan dari penularan virus korona, sama dengan menjaga bangsa ini dari ancaman pandemi, menurut Rerie, bisa memperkuat upaya pengendalian Covid-19 di tanah air.

Ketua Komisi IX DPR RI, Felly Estelita Runtuwene, mengungkapkan untuk mengetahui persiapan pemerintah dalam mengantisipasi potensi ledakan kasus positif Covid-19 pasca-Lebaran, pihaknya akan memanggil Menteri Kesehatan dan Satgas Covid-19 dalam waktu dekat ini.

Sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X