Responsive image

Masih Darurat, Rusia Perpanjang Masa Lockdown

Masih Darurat, Rusia Perpanjang Masa Lockdown

MOSKOW(Jurnalislam.com) — Presiden Rusia Vladimir Putin memperpanjang masa karantina hingga 30 April, untuk mencegah penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19. Putin mengumumkan periode lockdown pada Kamis, dalam sebuah pidato yang disiarkan televisi pemerintah.

“Ancaman itu masih ada. Puncak pandemi di dunia belum berlalu, termasuk di negara kita,” ujar Putin, dilansir Aljazirah, Jumat (3/4).

Sebelumnya, Putin mengumumkan agar warganya tidak pergi bekerja selama seminggu. Namun, kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di Rusia melonjak menjadi 3.548 dengan 30 kematian.

Warga Moskow telah diminta tidak keluar rumah sejak Senin. Mereka hanya diizinkan keluar rumah untuk berbelanja kebutuhan penting, keadaan darurat medis, berjalan-jalan dengan hewan peliharaan, dan membuang sampah. Selain itu, Rusia telah menutup perbatasan dan menghentikan semua penerbangan internasional.

Dalam pidatonya, Putin mengatakan kebijakan pemerintah mencegah Covid-19 telah efektif melindungi generasi tua dan mencegah penyebaran ke anak-anak. Rusia telah menyisihkan anggaran sebesar 18 miliar dolar AS untuk memerangi pandemi Covid-19.

Pemerintah sedang menyusun langkah mendukung ekonomi regional serta usaha kecil. Selain itu, parlemen juga menyetujui rancangan undang-undang yang memungkinkan pemerintah menyatakan keadaan darurat di seluruh negeri.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X