Responsive image
Responsive image
Responsive image

Makmurkan Ramadhan, DDII Kirim 200 Da’i ke Pedalaman Indonesia

Makmurkan Ramadhan, DDII Kirim 200 Da’i ke Pedalaman Indonesia

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah, Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII) kembali mengirim da’i dan da’iyahnya ke daerah pedalaman Indonesia.

Ketua Umum DDII, KH Mohammad Siddik mengatakan, lembaganya menempatkan 200 da’i dan da’iyah untuk mendampingi masyarakat di daerah pinggiran dalam memakmurkan Ramadhan tahun ini.

‘’Melalui Program Kafilah Da’wah (Kafda), kami menempatkan 200-an dai ke pedalaman Nusantara hingga ke luar negeri. Para da’i tersebut berasal dari Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir dan Akademi Dakwah Indonesia (ADI),’’ ujar KH Siddik di Masjid Al-Furqon, Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Sementara itu, Rektor Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STID) Mohammad Natsir, Ustaz Dwi Budiman berharap para kader bisa mengambil pelajaran sebanyak-banyaknya dari program Kafilah Dakwah, sehingga dapat dipraktekan ketika mengabdi di pedalaman selama dua tahun lamanya.

“Meski latihan, tetapi itulah kegiatan dakwah sesungguhnya. Karena itu, kami menyiapkan mahasiswa dengan mengikuti pelatihan selama enam semester, mulai dari mengelola pelatihan membaca quran, thibun nabawi sampai program memandikan jenazah,” katanya.

Lebih lanjut, Ustaz Dwi mengamanatkan kepada para dai untuk menjaga niat dan keikhlasan dalam berdakwah serta dapat menahan dari setiap tantangan dan godaan yang mampu menjerumuskan ke dalam nilai-nilai yang menyimpang dari dakwah. 

“Mereka mengenal antum bukan hanya sebagai dai saja, tapi juga sebagai bagian dari keluarga besar Dewan Da’wah. Maka, manfaatkan kafilah dakwah dengan baik sehingga bisa mempraktennya di waktu yang akan datang,” tuturnya.

Dalam program ini, DDII bekerja sama dengan Badan Dakwah Islam Baituzzakah Pertamina (BDI BAZMA).

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X