LUIS dan Walubi Gelar Pertemuan Bahas Muslim Rohingya

SOLO (Jurnalislam.com) – Sejumlah Ormas Islam dan elemen Muslim yang terdiri dari Laskar Umat Islam Surakarta (LUIS), Jamaah Ansharut Tauhid (JAT), Jamaah Ansharus Syariah, Majelis Taklim Al Huda, Majelis Taklim Al Ishlah menggelar pertemuan dengan pengurus Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Surakarta usai sholat Jumat (22/5/2015) di Jl. Urip Sumoharjo, Solo. 

Pihak Walubi yang diwakili oleh Ketua Walubi, Hasan dan sekretarisnya, Doni, membacakan hasil kunjungan dan kesepakatan dengan MUI Pusat dan Walubi Pusat pada tanggal 20 Mei 2015 yang diantaranya meminta pemerintah Indonesia segera menyiapkan tempat penampungan khusus untuk ratusan pengungsi Rohingya yang kini terdampar di Aceh dan Sumatera Utara.

Sementara perwakilan LUIS, Edi Lukito membacakan dan menyerahkan pernyataan sikap dari LUIS dan elemen muslim Surakarta diterima ketua Walubi Hasan. LUIS meminta (Walubi) dan Pemerintah Indonesia untuk berperan aktif untuk menghentikan pembantaian Muslim di Myanmar dengan melakukan pendekatan keagamaan secara persuasif ataupun pendekatan diplomatik yang bermartabat baik ditingkat bilateral mapun regional ASEAN.

Selain mengadakan pertemuan, sejumlah massa LUIS jua menggelar unjuk rasa dan penggalangan dana untuk pengungsi Rohingya di Aceh di tiga tempat, yaitu di Vihara Kepunthon, di depan rumah makan dan di Vihara Pucangsawit.

Reporter : Endro | Editor : Ally | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.