LPPOM MUI Siap Dukung Indonesia Pusat Produsen Halal Dunia

LPPOM MUI Siap Dukung Indonesia Pusat Produsen Halal Dunia

PANGKALPINANG(Jurnalislam.com)– Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Makanan (LPPOM) MUI akan menggelar Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) pada Kongres Halal Internasional (KHI) MUI 2022.

Kegiatan KHI yang digelar di Pangkal Pinang, Bangka Belitung ini berlangsung pada 14-18 Juni 2022 dan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, Selasa (14/6).

Direktur Utama LPPOM MUI, Muti Arintawati, mengatakan pihaknya siap mendukung pemerintah mempercepat target Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia 2024.

“Kami sangat siap untuk membantu dan berperan dalam program-program Pemerintah. Terutama dalam membantu Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia,” kata dia saat konfrensi pers hari kedua KHI, Rabu (15/6/2022) di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Muti mengungkapkan, LPPOM MUI memiliki perwakilan kantor di seluruh provinsi di Indonesia. Dengan begitu, kata Muti, LPPOM MUI sangat siap untuk membantu para pelaku usaha termasuk UMK yang berada di provinsi tersebut.

“Dengan tersebarnya LPPOM MUI seluruh di provinsi, insyaallah LPPOM MUI siap membantu puluhan juta UMK yang dalam waktu dekat segera masuk dalam fase kewajiban sertifikasi halal,” ungkapnya.

 

LPPOM MUI yang sudah bekerja selama 33 tahun itu, lanjut dia, memang sejak awal diberi amanah oleh MUI untuk menjalankan sertifikasi halal di Indonesia.

Namun, setelah ditetapkannya UU Jaminan Produk Halal (JPH), LPPOM MUI bertansformasi menjadi Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) pertama yang diakui oleh BPJPH.

“Sertifikasi halal menjadi bagian dari ekosistem halal yang sangat penting tentunya. Kita semua saling terkait satu sama lain, karena kami tidak mungkin berjalan sendirian,” terangnya.

Oleh karena itu, Muti menegaskan, LPPOM MUI siap bekerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka mengembangkan sertifikasi halal di Indonesia.

“Sehingga, apa yang sudah dicapai selama ini oleh MUI, di mana standar sertifikasi halal MUI menjadi kiblat dari negara-negara luar, bisa terus kita lanjutkan dan kembangkan,” kata dia.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X