Lima Kesepakatan KL Summit 2019, Malaysia-Turki Kerjasama Bidang Komunikasi Lawan Islamofobia

Lima Kesepakatan KL Summit 2019, Malaysia-Turki Kerjasama Bidang Komunikasi Lawan Islamofobia

KUALA LUMPUR (Jurnalislam.com) – Kuala Lumpur Summit 2019 melahirkan Lima nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh pimpinan negara-negara Muslim yang hadir, Kamis (19/12/2019). Lima Kesepakatan itu diantaranya mencakup aspek pertukaran pemuda, keamanan pangan, kolaborasi media, pertahanan, dan keamanan.

Di antara dokumen-dokumen yang dipertukarkan adalah untuk program “Work4Malaysia”, sebuah inisiatif oleh perusahaan konsultan Turki, Mental HR Consultancy, yang memberikan peluang kepada generasi muda yang bertalenta di Malaysia untuk menjalani pelatihan dan bekerja di berbagai sektor di Turki, dan kemitraan antara perusahaan berbasis pertanian Baladna dari Qatar dan Felcra Bhd dalam usaha susu skala besar.

Tiga pihak menandatangani kesepakatan untuk mendirikan pusat keunggulan yang didedikasikan untuk penelitian dalam eksplorasi ilmiah dan teknologi tinggi, yaitu Kelompok Industri-Pemerintah Malaysia untuk Teknologi Tinggi (MUNGKIN), LIPI Indonesia, Pusat Internasional untuk Ilmu Kimia dan Biologi Pakistan dan Dewan Penelitian Ilmiah Turki.

Dalam pertahanan dan keamanan, Riset Teknologi Komposit Malaysia Sdn Bhd (CTRM) dan Turkish Aerospace Industries (TAI) juga bertukar dokumen untuk membuka jalan bagi pengembangan di masa depan di bidang penelitian dan teknologi baru serta sumber daya manusia.

Organisasi media pemerintah Malaysia dan Turki juga sepakat untuk mendirikan pusat komunikasi untuk mengatasi masalah Islamofobia di seluruh dunia.

Pertukaran dokumen disaksikan oleh Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad, Presiden Iran Hassan Rouhani dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. la

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X