Lagi, Seorang Imam Masjid Ditembak Mati di Pattani, Thailand Selatan

THAILAND (Jurnalislam.com) – Seorang Imam Muslim di selatan Thailand yang selamat dari serangan sebelumnya ditembak mati hari Sabtu (05/09/2015).di provinsi Pattani, menurut media lokal, sebagaimana yang dilansir World Bulletin.

Dormeng Benjaewan, Imam Masjid Payonok di kabupaten Saiburi yang berusia 76 tahun, ditembak beberapa kali di depan sebuah toko makanan oleh tersangka yang membonceng sebuah sepeda motor.

Ia dipindahkan ke sebuah rumah sakit lokal namun meninggal dunia akibat luka-luka di kepala dan tubuhnya, Bangkok Post melaporkan.

Benjaewan dihormati di antara penduduk lokal dan juga bekerja sama dengan pemerintah Thailand untuk menyelesaikan kerusuhan selama beberapa dekade yang telah mendestabilisasi tiga provinsi berbatasan dengan Malaysia yang 80 persen penduduknya adalah Melayu Muslim.

Beberapa imam telah tewas dalam konflik saat sejumlah kelompok oposisi menentang pemerintah pusat Thailand, saat berusaha memisahkan diri atau membangun otonomi politik.

Dalam kasus yang menonjol pada bulan Agustus tahun 2013, Imam Masjid Pusat Pattani, Yacob Raimanee ditembak mati di kota Pattani. Masjid Pusat Pattani adalah Masjid utama di selatan.

Para pihak yang berada di balik pembunuhan Raimanee, belum diidentifikasi. Raimanee telah dianggap sebagai tokoh kunci dalam membantu menyelesaikan ketegangan antara pejuang Islam dan pemerintah.

 

Deddy | World Bulletin | Jurniscom
 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X