Kultur Orang Tua Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

MALANG (Jurnalislam.com) – Tokoh pendidikan yang juga mantan Rektor Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr Imam Suprayogo, mengatakan kepribadian atau kultur yang menjadi kebiasan orangtua akan berpengaruh terhadap pola tumbah kembang anak di kemudian hari. Namun sayangnya ini tidak banyak disadari.

“Generasi Robbani dilahirkan dari keluarga yang sehat yaitu keluarga yang senantiasa menjaga kehormatannya, baik ayah maupun ibunya,” kata Imam Suprayogo saat menjadi narasumber seminar pendidikan nasional di arena Munas IV Muslimat Hidayatullah di Kampus Arrohmah Putri Pesantren Hidayatullah Malang, Jawa Timur, Kamis (07/01/2015).

Menurut Imam, lahirnya generasi Rabbani yang kokoh imannya dan kuat kepeduliannya tidak bisa instan atau sesingkat yang mungkin banyak orang pikirkan.

Melahirkan generasi Rabbani, lanjut Imam, memerlukan desain yang tidak sederhana karena tidak saja melibatkan sekolah sebagai medium pendidikan formal, melainkan juga menuntut adanya keterlibatan aktif banyak aspek. Tidak saja sehat fisiknya, melainkan sehat pula ruhaninya.

“Harus dimulai sejak awal bertemunya laki-laki dan perempuan yang sah menurut Islam dalam bingkai pernikahan,” kata dia.

Tokoh di balik berbagai capaian prestisius perguruan tinggi UIN Malang ini mengutarakan, umat Islam sudah lama memimpikan penyelenggaran pendidikan Islam yang konfrehensif. Pendidikan Islam ini diharapkan mampu mengantarkan peserta didik menjadi manusia insan kamil yakni menjadi figur beriman, beramal saleh, serta akhlakul karimah.

Karena itu, menurut Imam, sejatinya pendidikan Islam adalah kebutuhan mutlak. Sebab itu masyarakat pun rela berkorban demi kelangsungan generasi bisa mendapatkan kepengasuhan dan pendidikan berkualitas yang dilandasi dengan asas-asas Islami.

Atas realitas itu, Imam Suprayogo mengatakan hendaknya negara tidak mungkin mengabaikan lembaga pendidikan Islam apalagi melarangnya.

“Generasi Rabbani adalah harapan kita semua yang mudah-mudahan lahir dari sini,” kata Imam Suprayogo.

Munas IV Muslimat Hidayatullah menggelar acara seminar kebangsaan membahas isu pendidikan kekinian dengan mengusung tema “Pendidikan Putri Berkualitas Menjamin Lahirnya Generasi Robbani Calon Pemimpin Bangsa”. Seminar ini menghadirkan pembicara lainnya yaitu Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana M.Sc.ES.Ph.D dan Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, MA.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.