KUII Undang Fraksi DPR dan Elemen Ormas Islam Aswaja

KUII Undang Fraksi DPR dan Elemen Ormas Islam Aswaja

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ketujuh di Bangka Belitung akan mengundang seluruh fraksi di DPR RI. Di antaranya PKS, PAN, PKB, PPP, Demokrat, Golkar, PDIP, dan Gerindra.

“Termasuk Ormas Islam juga semua diundang, asal Ormas Islam ahlusunnah wal jamaah, Insya Allah yang akan membuka presiden dan penutupan wakil presiden,” kata Ketua Pelaksana KUII ke-7, Ustaz Zaitun Rasmin, di kantor MUI, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Adapun tema KUII dengan tajuk ‘Strategi umat Islam membangun Indonesia yang adil dan beradab’, dia berharap melalui tema besar ini umat Islam tak lagi menjadi penonton, terutama dalam masalah ketidakadilan dan berbagai ketidakseriusan mengelola berbagai bidang. Hal ini akan di musyawarahkan dalam KUII akhir Februari mendatang.

“Misalkan bagaimana strategi kita di bidang politik agar umat lebih berperan, di bidang ekonomi apalagi. Peran umat di bidang ekonomi itu yang paling parah, sudah bukan rahasia lagi, kekayaan di negeri ini hanya di segelintir orang, ada yang mengatakan 10 persen, sekian persen, nah ini yang kita mau benahi bersama,” jelasnya.

Dalam mematangkan persiapan menuju KUII, MUI menggelar uji sahih materi Kongres antara internal MUI dengan pembanding dari eksternal MUI. Zaitun menyebutkan, MUI telah melakukan tiga uji sahih, yaitu menyangkut masalah filantropi, ekonomi, dan Islam Wasathiyah.

“Yang belum hari ini masih berlangsung pendidikan, kebudayaan dan hari Senin pagi itu tentang hukum. Lalu kemudian siangnya tentang media dan ketujuh hari Selasa, tentang politik,” katanya.

Termasuk evaluasi bidang-bidang yang selama ini telah dilakukan MUI akan menjadi tindaklanjut dari KUII ketujuh. Di antaranya di bidang keagamaan Islam wasatiyah masalah persatuan di bidang politik juga ekonomi tentang ekonomi syariah.

“Kita berharap setelah kongres ini aplikasinya itu lebih jelas. Ada badan pekerja nanti, karena yang belum dijalankan itu ya banyak, hampir di semua bidang,” ujar dia.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X