Korban Sipil Tewas Kudeta Militer Myanmar Tembus 857 Jiwa

Korban Sipil Tewas Kudeta Militer Myanmar Tembus 857 Jiwa

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Kelompok masyarakat sipil mengungkapkan korban tewas sejak kudeta militer di Myanmar bertambah delapan orang hingga mencapai 857 orang. Berdasarkan laporan Asosiasi Pendamping untuk Tahanan Politik (AAPP) pada Selasa dini hari, delapan korban tersebut tewas pada Minggu dan didokumentasikan pada Senin.

Kedelapannya berasal dari daerah Mandalay, Yangon, Bago, serta Ayeyarwady. Hingga Senin kemarin, AAPP mencatat 4.677 orang masih berada dalam tahanan, sebanyak 162 orang di antaranya dijatuhi hukuman.

AAPP melaporkan, dua laki-laki tewas setelah dikejar dan ditabrak dengan kendaraan militer di Kotapraja Pyigyidagun, Mandalay, pada Minggu malam. Masih di hari yang sama, Chit Ko, bendahara Liga Nasional Demokrasi (NLD) di Kotapraja Bhamo, Negara Bagian Kachin, ditangkap.

AAPP sekaligus mengungkapkan tiga warga sipil dari Desa Nat Myaung dan Nat Chaung di Kotapraja Kale, Sagaing, dipukuli dan ditangkap tanpa alasan. Myanmar diguncang kudeta militer pada 1 Februari dengan menggulingkan pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi. Militer berdalih pemilu yang mengantarkan Suu Kyi terpilih dengan suara terbanyak penuh kecurangan.

Sumber: republika.co.id

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X