Koran Israel Haaretz : Mesir Telah Melanggar Hal Paling Sakral di Mata Bangsa Arab

AL QUDS (Jurnalislam.com) – Koran Israel Haaretz edisi Ahad kemarin (01/02/2015) menyebut vonis mahkamah Mesir terhadap sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam sebagai organisasi teroris adalah keputusan yang melanggar persoalan Arab yang paling sakral. Bagi bangsa Arab selama ini, prinsip paling sakral adalah perang terhadap Israel.

Dalam artikelnya, kolumnis urusan Arab di kota koran tersebut, Zvi Briil menyebutkan, ini untuk pertama kalinya ada negara Arab (Mesir) melanggar sakralitas gerakan-gerakan pembabasan dari penjajah  dan dianggapnya sebagai musuh dalam negeri. Padahal yang menyatakan, Jamaah Anshar Baitul Maqdis mengumumkan resmi yang melakukan serangan di Sinai.

Briil menegaskan, implikasi vonis Mesir ini tidak akan dramatis sebab tidak pernah ada penahanan terhadap kader Hamas satupun selama beberapa saat terakhir. Hanya saja, vonis ini akan mengurangi kafilah bantuan dari lembaga pro Hamas.

Menurutnya, vonis itu tidak lepas dari presiden Abdul Fattah Al-Sisi sebab dalam waktu dekat akan ada pemilihan Dewan Rakyat dan ia ingin mempersempit sebisa mungkin Jamaah Ikwanul Muslimin sebagai gerakan teroris dimana Hamas adalah sayap Palestinanya.

Briil menyimpulkan, hak Israel puas dengan vonis Mesir namun konflik Hamas dengan Israel makin pelik. Sebab kesulitan ekonomi, pengekangan, blokade dan pembekuan rekontruksi Gaza akan berubah menjadi pemicu ledakan dalam pertempuran ke depan.

Itulah menurut Briil, itulah sekenario Hamas dan juga elit keamanan Israel.

 

Deddy | Infopalestina | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.