Konvoi Ke-22 dari Ghouta Timur Tiba di Al-Bab

Konvoi Ke-22 dari Ghouta Timur Tiba di Al-Bab

SURIAH (Jurnalislam.com) – Konvoi ke 22 yang membawa penduduk dan pejuang oposisi dari Douma di Ghouta Timur telah tiba di Distrik Al Bab, Alepo pada Ahad (15/4/2018). Demikian dilaporkan koresponden World Bulletin di area tersebut.

Konvoi sebanyak delapan bus itu mengangkut 145 orang termasuk 55 anak-anak dan 42 wanita yang akan dibawa dari Al-Bab ke kamp pengungsian sementara di distrik Azaz.

Dengan konvoi tersebut, jumlah orang yang meninggalkan Ghouta Timur sejak awal evakuasi pada 22 Maret lalu menjadi 60 ribu jiwa.

“Evakuasi dari Douma akan terus berlanjut,” kata laporan tersebut.

Operasi Euprat yang dilancarkan militer Turki pada 2016 lalu telah membebaskan Al-Bab dari penguasaan ISIS.

Operasi yang berakhir pada Maret tahun lalu ini telah sukses membersihkan sebagian besar perbatasan Turki-Suriah dari ISIS.

Evakuasi ini dilakukan sebagai bagian dari perjanjian yang diperantarai Rusia antara rezim Assad Suriah dan kelompok oposisi bersenjata.

Pada 24 Februari lalu, Dewan Kemananan PBB dengan bulat mengadopsi Resolusi 2401 yang menyerukan gencatan senjata di Suriah untuk memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Terlepas dari resolusi, bagaimanapun, rezim dan sekutunya di awal Maret meluncurkan serangan darat utama yang bertujuan merebut kembali bagian yang dipegang oposisi distrik tersebut.

Sejak 19 Februari lalu, lebih dari 1.400 jiwa terbunuh oleh serangan rezim Syiah Bashar Assad dan sekutunya di Ghouta Timur.

Selama lima tahun 400 ribu penduduk di Ghouta Timur berada dibawah kepungan rezim yang menyulitkan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Bagikan