Kongres Umat Islam Indonesia Ketujuh Siap Digelar

Kongres Umat Islam Indonesia Ketujuh Siap Digelar

JAKARTA(Jurnaloslam.com) – Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan menyelenggarakan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 di Bangka Belitung pada Februari 2020. Salah satu yang akan dibahas dalam kongres ini adalah cara agar umat Islam memiliki peran besar di bidang ekonomi.

Ketua Panitia Pengarah KUII ke-7, Buya Anwar Abbas mengatakan, di dalam KUII akan dibahas cara agar umat Islam bisa meningkatkan kontribusinya untuk bangsa dan negara, terutama di bidang ekonomi. Kalau umat Islam bisa memacu dirinya di bidang ekonomi maka ekonomi bangsa Indonesia akan menjadi besar.

“Kita menganggap kongres ini sebuah kongres yang sangat strategis, karena diharapkan akan bisa merumuskan strategi dan langkah-langkah yang punya arti dan makna yang signifikan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya kepada Jurnalislam.com, Kamis (26/12/2019).

Sekretaris Jenderal MUI ini menyampaikan, Indonesia diprediksi akan menjadi negara yang maju. Bahkan diprediksi akan menjadi bagian dari empat negara besar yang ada di dunia pada tahun 2040.

Menurutnya, kalau Indonesia bisa menjadi negara besar di tahun 2040, alangkah lebih baik kalau bisa dipercepat menjadi tahun 2030 atau 2035. Maka melalui KUII ini diharapkan bisa berkontribusi untuk menyongsong Indonesia maju.

Selain membahas perekonomian juga, lanjutnya. Akan membicarakan persoalan politik atau kekuasaan. Selain itu, juga membahas undang-undang (UU) yang ada sekarang kurang berpihak kepada UMKM.

“Jadi bagaimana cara supaya undang-undang di negeri ini betul-betul berpihak kepada rakyat, tidak hanya berpihak kepada segelintir orang, kita mengharapkan secara politik akan ada undang-undang yang berpihak kepada UMKM,” ujarnya.

Buya Anwar mengatakan, sekarang masyarakat kelas bawah sangat banyak dan masyarakat kelas atas sangat sedikit sehingga daya beli masyarakat kurang. Nanti diharapkan masyarakat kelas menengah banyak, masyarakat kelas bawah dan atas sedikit. Sehingga daya beli masyarakat bisa meningkat. Menurutnya, kalau daya beli masyarakat meningkat, maka ekonomi bangsa akan lebih dinamis.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X