Komnas HAM: Negara Harus Hadir dan Menjamin Keamanan Keluarga Siyono

YOGYAKARTA (Jurnalislam.com) – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KomnasHAM) Maneger Nasution meminta negara untuk hadir dalam kasus Siyono. Ia mendesak negara untuk menjamin rasa aman keluarga Siyono.

“Secara resmi kita menyatakan bahwa istri dan keluarga Siyono itu dalam pantauan Komnas HAM. Seperti yang disampaikan oleh PP Muhammadiyah Komisi Hukum dan HAM, maka Komnas HAM meminta mohon negara hadir dengan memberikan perlindungan kepada warga negaranya sendiri,” kata Maneger dalam konferensi pers di kantor Pusat PP Muhammadiyah Yogyakarta, Selasa (29/3/2016).

Tindakan sewenang-wenang Densus 88 terhadap Siyono dikhawatirkan akan memunculkan persepsi teror negara terhadap warga negaranya.

“Mohon agar tidak ada perlakuan atau tindakan yang bisa diindikasikan teror negara terhadap warga negaranya. Karena negara punya kewajiban konstitusi di samping melindungi, menegakkan termasuk juga memenuhi hak-hak dasar warga negara,” ujarnya.

Manager juga sepakat dengan Majelis Hukum dan HAM PP Muhammadiyah untuk melakukan otopsi terhadap jenazah Siyono.

“Dalam perspektif HAM apa kaitannya otopsi dengan HAM, yang paling sederhana itu adalah keluarga sampai hari ini tidak cukup tahu penyebab meninggalnya salah salah satu anggota keluarganya. Padahal sebetulnya adalah right to know, keluarga punya hak untuk tahu informasi yang cukup penyebab keluarganya meninggal. Itu hak keluarga,” tegas Manager saat mendampingi keluarga Siyono dalam pelimpahan kuasa kepada PP Muhammadiyah.

Ditegaskan Manager, Komnas HAM meminta negara untuk menjamin rasa aman terhadap keluarga Siyono. “Kita minta negara untuk hadir dengan menjamin rasa aman terhadap keluarga Siyono,” tambahnya lagi.

Reporter: Amru | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.