Komite Palestina Serukan Mogok Makan Massal di Tepi Barat dan Jalur Gaza

Komite Palestina Serukan Mogok Makan Massal di Tepi Barat dan Jalur Gaza

PALESTINA (Jurnalislam.com) – Sebuah komite pada hari Selasa (25/4/2017) menyerukan rakyat Palestina untuk melakukan pemogokan massal di Tepi Barat dan Jalur Gaza akhir pekan ini dalam menunjukkan solidaritas dengan warga Palestina yang mogok makan di penjara zionis, World Bulletin melaporkan, Selasa.

“Kami meminta rakyat kita untuk melakukan pemogokan umum sepanjang hari Kamis,” demikian bunyi sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Komite Nasional untuk Mendukung Mogok Makan (National Committee to Support the Hunger Strike) yang baru dibentuk, yang mencakup perwakilan dari beberapa faksi politik Palestina.

“Pemogokan massal tersebut akan mempengaruhi semua aspek kehidupan di Tepi Barat dan Gaza – sektor komersial, pendidikan, pemerintahan dan swasta,” tambahnya.

Komite tersebut kemudian mendesak warga Palestina untuk ambil bagian dalam sejumlah aksi yang direncanakan untuk menunjukkan solidaritas dengan para pelaku aksi mogok makan Palestina di berbagai kota.

“Kami juga menyerukan perluasan kampanye boikot yang sedang berlangsung yang menargetkan produk-produk Israel,” tambah pernyataan tersebut.

Sejumlah seruan oleh aktivis Palestina juga telah beredar di media sosial yang mendesak warga Palestina untuk melakukan demonstrasi di dekat pos pemeriksaan tentara Israel di Tepi Barat.

Lebih dari 1.000 tahanan Palestina memulai mogok makan terbuka pada 17 April untuk menuntut lebih banyak kunjungan ke penjara, perawatan medis yang lebih baik dan perawatan yang lebih baik untuk narapidana perempuan.

Aksi mogok makan tersebut dipelopori oleh tahanan lama Palestina Marwan Barghouti, yang telah mendekam di penjara Israel selama lebih dari satu dekade.

Menurut tokoh Palestina, Israel saat ini menahan lebih dari 6.000 orang Palestina – termasuk 57 perempuan dan 300 anak – di 24 penjara dan pusat penahanan.

Bagikan
Close X