Koalisi Arab: Syiah Houthi Targetkan Arab Saudi dengan 95 Rudal Balistik

13 Februari 2018
Koalisi Arab: Syiah Houthi Targetkan Arab Saudi dengan 95 Rudal Balistik

YAMAN (Jurnalislam.com) – Juru bicara pasukan koalisi Arab di Yaman mengatakan bahwa milisi Syiah Houthi menargetkan Arab Saudi dengan 95 rudal balistik sejak awal perang.

Juru bicara koalisi Kolonel Turki al-Maliki mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada hari Senin (12/2/2018) bahwa milisi membakar truk bahan bakar milik warga Yaman dan menuduh Houthi menargetkan properti publik di Yaman, lansir Al Arabiya.

Maliki menyajikan gambar dan video operasi melawan pemberontak Syiah Houthi di perbatasan melalui layar di aula konferensi.

Juru bicara koalisi lebih lanjut mengatakan bahwa operasi koalisi dalam beberapa pekan terakhir telah mengakibatkan kematian di kalangan milisi, termasuk enam pemimpin Syiah Houthi.

83 Rudal Balistik Syiah Houthi Yaman Targetkan Arab Saudi

Dia menambahkan bahwa koalisi bekerja dengan masyarakat internasional untuk menghentikan perekrutan anak-anak, merujuk bahwa Houthi juga mulai beralih merekrut anak-anak non-Yaman untuk berperang.

Juru bicara tersebut juga mengatakan bahwa koalisi berupaya meningkatkan jumlah warga yang mendapatkan bantuan kemanusiaan di Yaman.

Begini Laporan PBB Tentang Pelanggaran HAM Koalisi Arab dan Houthi dalam Perang Yaman

Dia menambahkan bahwa semua pelabuhan darat dan laut terbuka untuk Yaman, mengumumkan bahwa tiga kesepakatan akan ditandatangani besok antara King Salman Center dan ISNAD Center serta organisasi internasional yang berkepentingan dengan Yaman.

Dia menekankan bahwa aliran bantuan kemanusiaan dari semua pelabuhan ke daerah-daerah berada di bawah kendali yang sah, menunjukkan bahwa lebih dari 18 ribu izin dikeluarkan untuk bantuan kemanusiaan di Yaman.