Klaster Covid Perkantoran Karena Karyawan Abai Protokol

Klaster Covid Perkantoran Karena Karyawan Abai Protokol

JAKARTA(Jurnalislam.com) — Dokter spesialis okupasi dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI), dr Nuri Purwito Adi mengatakan, penularan Covid-19 di lingkungan kantor terjadi karena para pegawai abai terhadap protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Padahal, pemerintah telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 328 tahun 2020 sebagai protokol kesehatan di tempat-tempat umum, termasuk di tempat kerja.

“Abai terhadap protokol kesehatan itu dampaknya bisa terjadi penularan,” kata Nuri saat diskusi daring yang disiarkan melalui Youtube BNPB yang dipantau di Jakarta, Sabtu.

Pada saat ini, menurut Nuri, ada beberapa sektor bisnis yang memang harus bergerak di tengah situasi pandemi. Oleh karena itu, bagi perusahaan perlu memerhatikan apa saja risiko penularan yang bisa terjadi pada karyawan.

Nuri mengingatkan agar perusahaan memerhatikan kedisiplinan para pekerja dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker selama bekerja. Perusahaan juga harus mengatur jarak fisik pencegahan penularan virus corona antarkaryawannya di dalam ruangan kerja.

“Mungkin ada beberapa aspek lagi, seperti sering cuci tangan, itu tidak hanya perlu untuk disosialisasikan, tetapi juga diajarkan cara yang betul seperti apa, sarana disediakan,” kata Nuri.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X