Kiai Athian Ali Heran, Pancasila Diam-diam Mau Diubah di Tengah Pandemi

Kiai Athian Ali Heran, Pancasila Diam-diam Mau Diubah di Tengah Pandemi

BANDUNG (Jurnalislam.com)—Ketua Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) KH Athian Ali heran dengan penyusunan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang akan mengubah kedudukan Pancasila diam-diam di tengah pandemic covid-19.

“Proses penyusunan RUU HIP sebagai inisiatif DPR RI ini terbilang sangat cepat, tidak transparan, tidak partisipatif, dan tidak aspiratif. Ketergesaan ini ditunjukkan oleh situasi dan kondisi di bulan Ramadhan dan ditengah pandemi Covid 19, rapat-rapat hanya dihadiri oleh jumlah anggota yang minim,” kata KH Athian Ali dalam keterangan yang diterima Jurnalislam, Rabu (24/6/2020).

 

Pancasila, kata KH Athian yang dalam pendekatan yuridis merupakan norma fundamental, malah ingin diubah ke dalam teknis operasional.

 

“Dari pendekatan yuridis, ternyata Pancasila yang merupakan Norma Fundamental Negara yang seharusnya menjadi landasan dan sumber hukum utama, telah berubah kedudukan dan fungsinya menjadi norma teknis operasional,” kata KH Athian.

Belum lagi katanya, dari aspek filosofis sangat jelas dan tegas telah mendegradasi Pancasila sebagai Falsafah Bangsa.

“Pancasila direduksi jadi Trisila dan Ekasila yang sesungguhnya telah menafikan dan merendahkan nilai keutuhan dari Pancasila itu sendiri,” katanya.

Karenanya, ANNAS, menurut KH Athian Ali dengan tegas menolak RUU HIP, meminta segera dicabut dan meminta Presiden Jokowi mengusut inisiator yang ingin mengubah kedudukan Pancasila ini.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X