Ketua PP Muhammadiyah: Muhammad Ismail Adalah Sosok Teladan

Ketua PP Muhammadiyah: Muhammad Ismail Adalah Sosok Teladan

KLATEN (Jurnalislam.com) – Ribuan orang menghadiri prosesi pemakaman jenazah Komandan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Jawa Tengah, Muhammad Ismail di rumah Desa Tempel, Drono, Ngawen Klaten, Jawa Tengah, Jum’at (21/9/2018). Sejak pukul 12.30 WIB pelayat telah memadati rumah duka.

Tampak hadir dan turut mengimami shalat jenazah, Ketua PP Muhammadiyah, Busyro Muqoddas. Hadir juga, tokoh Mega Bintang Mudrick M Sangidoe dan tokoh lainnya.

Jenazah dibawa pasukan KOKAM menuju pemakaman. FOTO: Arie/Jurniscom

Dalam tausyiahnya, Busyro selaku Ketua PP Muhammadiyah menyampaikan belasungkawa atas kepergian M Ismail. Busyro mengatakan, almarhum Muhammad Ismail adalah sosok teladan yang patut ditiru oleh anggota KOKAM dan seluruh kader Muhammadiyah atas pengabdian dan totalitasnya di atas jalan perjuangan.

Sekilas, Busyro mengisahkan kembali kepemimpinan M Ismail ketika memimpin pengawalan proses autopsi almarhum Siyono di Klaten dua tahun lalu.

“Ketika itu suasana di sekitar makam tertib sekali, disitu kita menyaksikan KOKAM sangat tertib sekali sangat damai dan ramah bersama-sama dengan Brimob, yang satu baret hitam, yang satu baret merah, akrab sekali. Itulah salah satu refleksi komitmen kebangsaan almarhum dan Pemuda Muhammadiyah,” ungkapnya.

Jenazah diberangkatkan dari rumah duka sekitar pukul 14.30 WIB menuju TPU Desa Sasono Loyo Gatak, Drono, Ngawen, Klaten. Ratusan anggota KOKAM ikut mengamankan prosesi pemakaman tersebut.

“Kepada keluarganya Pimpinan pusat Muhammadiyah mengucapkan terimakasih atas keihlasannya kepada almarhum semasa hidupnya sehingga bisa berbakti beramal soleh, amal ihsaniyah, amal insaniyah sampai dengan wafatnya, wafat di hari jumat Sayyidul ayyam,” tuturnya.

Di bawah kepemimpinannya, KOKAM Jateng termasuk barisan terdepan dalam mengawal agenda dan aset umat Islam. Terakhir, meski dalam keadaan sakit, Ismail memberikan Instruksi kepada anggota KOKAM Jateng untuk mengawal jalannya kegiatan jalan sehat umat Islam di Solo beberapa waktu lalu.

Muhammad Ismail meninggal dunia sekitar pukul 05.30 WIB di RSUD Sardjito Yogyakarta akibat kanker hati yang dideritanya. Almarhummeninggalkan seorang istri dan dua putra.

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X