Kemenkes Tambah 15 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

Kemenkes Tambah 15 Ribu Tempat Tidur untuk Pasien Covid-19

JAKARTA(Jurnalislam.com) – Juru Bicara Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengatakan hingga saat ini Kemenkes sudah menambahkan 15.000 tempat tidur di ruang perawatan dan ICU di rumah sakit rujukan covid-19.

Nadia mengatakan upaya ini sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Apalagi, secara umum jumlah kasus Covid-19 masih belum menunjukkan penurunan secara signifikan.

“Kalau kita melihat secara umum jumlah kasus yang positif Covid-19 itu kayaknya belum belum lihat secara signifikan penurunannya,” kata Nadia dalam keterangannya secara virtual dikutip dari laman BNPB, Selasa (9/2/2021).

Nadia mengatakan Kemenkes telah melakukan koordinasi dan meminta kepada pemerintah daerah yakni Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menambah ruang perawatan baik untuk isolasi, perawatan ataupun tempat tidur untuk ruang isolasi.

“Tentunya kemarin, pada waktu kita menghadapi lonjakan kasus ya, kita memang minta untuk pemerintah daerah yaitu Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menambah perawatan ya, baik tempat tidur perawatan untuk isolasi maupun tempat tidur perawatan untuk ICU,” katanya.

Nadia menjelaskan 15.000 tempat tidur tersebut terdiri dari lebih 13.000 tempat tidur perawatan. “Dan ini sudah terjadi peningkatan kalau kita bandingkan di tanggal 25 Januari itu sudah ada penambahan kurang lebih 13.000 tempat tidur perawatan,” katanya.

Sementara, kata Nadia, 2.000 tempat tidur lainnya adalah untuk ruang ICU di rumah sakit rujukan Covid-19. “Dan yang terbanyak adalah tempat tidur untuk isolasi sementara untuk tempat tidur ICU adalah berkisar sampai dengan 2.000 penambahannya kemarin,” ungkapnya.

Sumber: okezone

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X