Responsive image

Keluarga Bantah Kabar Ustadz Abu Bakar Ba’asyir dalam Kondisi Kritis

Keluarga Bantah Kabar Ustadz Abu Bakar Ba’asyir dalam Kondisi Kritis

SOLO (Jurnalislam.com) – Beredar kabar Ustadz Abu Bakar Ba’asyir dalam keadaan kritis. Kabar itu tersebar dalam foto mirip Ustadz Abu tengah terbaring tak berdaya yang diunggah di media social. Namun putra bungsu Ustadz Abu, Abdul Rochim Ba’asyir membantah kabar tersebut.

“Kami atas nama keluarga menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Walaupun beliau masih harus menjalani perlakuan dzalim dari pemerintah yang mengharuskan beliau diisolasi dari masyarakat yang mengunjunginya, namun kondisinya saat ini baik-baik saja dan dalam lindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala,” katanya kepada Jurniscom, Kamis (27/4/2017).

Pria yang karib disapa Ustadz Iim ini menjelaskan, bahwa ruang gerak Ustadz Abu Bakar Ba’asyir di LP Gunung Sindur sangat dibatasi. Selain pengawasan CCTV 24 jam penuh, Ustadz Abu juga tidak diperbolehkan mengikuti shalat berjamaah di masjid kecuali untuk shalat Jum’at.

“Kondisi penahanan seperti sebelumnya, belum ada perubahan, masih di isolasi, kemudian juga belum boleh dijenguk siapapun selain keluarga. Dan di dalam, untuk sholat 5 waktu tidak boleh di masjid, kecuali jum’atan, dan masih ada pengawasan cctv,” ungkapnya.

Ustadz Iim menambahkan, pemindahan Ustadz Abu ke LP Gunung Sindur dengan alasan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih, ternyata adalah bohong belaka. Faktanya, kata dia, selain fasilitas kesehatan yang tidak memadai, ulama 80 tahun itu harus menempuh jarak yang cukup jauh melewati jalan rusak menuju klinik di luar LP.

“Sebagaimana yang dikatakan Luhut Panjaitan dulu ketika memindahkan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir ke situ dengan alasan lebih mudah pengobatan, tapi sebenarnya di situ malah lebih sulit. Jadi omong kosong kalau mereka ngomong seperti itu, bohong semua,” ujarnya.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala segera membebaskan beliau, hingga dapat bersama kita kembali dalam keadaan sehat wal afiat,aamiin. Hasbunallahu Wani’mal Wakiil, Ni’mal Maula Wani’mannashir, Wala Haula Wala Quwwata Illa Billah,” pungkasnya.

Sebelumnya, beredar foto seorang laki-laki tua yang mirip dengan Ustadz Abu Bakar Ba’asyir terbaring tak berdaya di dalam sebuah ruangan mirip sel tahanan. Dalam gambar tersebut dikatakan agar pembaca mendoakan Ustadz Abu yang saat ini dalam keadaan kritis di Lapas Gunung Sindur.

Ustadz Abu divonis 15 tahun penjara setelah dituding terlibat kasus pelatihan militer di Aceh. Meskipun hingga saat ini pengadilan belum mampu membuktikan tuduhan tersebut. Ia sempat ditahan di Lapas Pasir Putih Nusakambangan sebelum akhirnya dipindah ke Lapas Gunung Sindur pada 16 April tahun lalu.

Reporter: Arie Ristyan

Bagikan
Close X